KSM dan AKSIOMA MA,Wahana Gali Potensi Siswa Madrasah

Klaten – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten selenggarakan Seleksi Kompetisi Sains Madrasah (KSM) dan Ajang Kompetisi Seni dan Olah Raga Madrasah (AKSIOMA) Tingkat Madrasah Aliyah (MA) se Kabupaten Klaten yang secara resmi dibuka oleh Kepala Kemenag Klaten Masmin Afif bertempat di MAN Klaten, Kamis (4/5).

Masmin Afif dalam pembukaanya menandaskan, wahana ini sebagai ajang untuk memilih siswa/siswi MAN yang berprestasi. KSM dan AKSIOMA MA sebagai wahana gali potensi siswa madrasah.

“Selain itu, bagian upaya pendidikan untuk mempersiapan kader, serta sebagai tempat menyalurkan siswa untuk bersaing secara sehat dan jujur”, tutur Masmin.

Kantor Kementerian Agama Kab. Klaten melalui madrasah, akan terus  mengawal potensi akademik, seni, bakat dan minat  siswa melalui ajang KSM dan AKSIOMA MA ini. Dipupuk dan di kembangkan, agar kedepannya siswa madrasah aliyah mempunyai prestasi yang baik

“Kita harus bisa bersaing dengan sekolah umum, agar madrasah tidak dipandang sebelah mata. Madrasah harus mampu mencetak ilmuwan dan cendikiawan bahkan olahragawan”, harap Masmin.

Kegiatan KSM dan AKSIOMA ini harus diapresiasi dengan sebaik mungkin agar dapat meningkatkan mutu dan kualitas Madrasah karenanya harus ada dukungan dari semua pihak menjadi tanggung jawab bersama untuk pembinaan siswa-siswi yang telah meraih juara ditingkat kabupaten, siswa siswi yang juara akan membawa nama harus madrasah serta Kemenag Klaten.

Selanjutnya, kedepankan kejujuran dan semangat bersaing kompetisi yang sehat, dewan juri menilai dengan jujur. Negeri ini butuh generasi penerus bangsa dengan kejujuran yang tinggi, siswa madrasah harus kedepankan sikap jujur.

Ditambahkan Kepala MAN Klaten, Muslih selaku ketua panitia, bahwa ajang ini diikuti oleh 3 Madrasah Negeri dan 3 Madrasah Swasta di Klaten dari siswa kelas X dan XI. Untuk KSM ada 6 bidang yang dilombakan, yaitu bidang lomba mapel matematika, biologi, fisika, kimia dan geografi. Sedangkan untuk AKSIOMA yang dilombakan MTQ, pidato Bahasa Inggris, kaligrafi, madrasah singer, bulutangkis, tenis meja dan futsal, dengan total peserta 150 siswa madrasah aliyah.(aj/wul)