KSM Dan Aksioma MTs Kabupaten Temanggung

Temanggung – Kementerian Agama Kabupaten Temanggung lewat KKM MTs menggelar ajang lomba bertajuk Kompetisi Sains Madrasah (KSM) dan Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (Aksioma) tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang diikuti oleh siswa utusan dari MTs  se-Kabupaten Temanggung  tahun 2017 bertempat di MTs N Parakan, Sabtu (13/5).

Ajang lomba ini digelar sebagai wadah untuk menyalurkan bakat dan minat pelajar madrasah dalam bidang sains dan seni. Selain itu juga untuk meningkatkan motivasi dan keunggulan global guna bersaing di era sekarang.

Kepala MTsN Parakan, Agus Salam dalam sambutan pembukaannya  bahwa program KSM ini dilaksanakan dalam rangka mendorong para siswa madrasah untuk selalu meningkatkan kemampuan baik itu intelektual, emosional maupun spiritual namun tetap berlandaskan agama. “Kegiatan seperti ini adalah salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di madrasah,” ujarnya.

Selanjutnya Agus Salam menambahkan  bahwa di madrasah mutu pendidikan agama dan saint terus ditingkatkan secara komperehensif melalui berbagai cara, salah satunya dengan menumbuhkembangkan budaya belajar, memupuk kreatifitas dan semangat bersaing, menumbuhkan jiwa sportivitas dengan berbagai lomba.

Agus Salam berharap seluruh siswa MTs ikut berperan aktif mengikuti rangkaian lomba KSM dan Aksioma ini,  karena dengan mengikuti lomba akan memberikan banyak manfaat bukan hanya bagi madrasah yang mengutusnya tapi juga bagi siswa itu sendiri.

“Siswa madrasah adalah anak bangsa yang diharapkan berakhlakul karimah, cerdas dan berprestasi dan natinya mampu membangun bangsa baik itu melalui dalam bidang IPTEK, seni maupun olahraga harapnya.

KSM merupakan ajang lomba berbasis olah ilmu pengetahuan. Mata pelajaran yang dilombakan adalah Matematika, Fisika, dan Biologi. Ketiganya mewakili mata pelajaran yang biasa diujikan saat Ujian Nasional tingkat SMP.

Sedangkan Aksioma merupakan ajang lomba berbasis olah jasmani dan olah seni. Cabang lomba yang diadakan di antaranya lomba pidato Bahasa Arab, MTQ, Tahfidz, Kaligrafi, dan Hadroh. Kedua bidang KSM dan Aksioma dilakukan secara bersamaan untuk meningkatkan daya saing dan mutu madrasah di Kabupaten Temanggung. “Diharapkan, tahun 2017 ini Kabupaten Temanggung bisa maju di Tingkat Provinsi dan menjadi juara umum tingkat MTs di Provinsi Jawa Tengah, “pungkasnya.(sr/af)