KSM dan AKSIOMA Penting Untuk Madrasah

Sragen – Meningkatnya kualitas pendidikan di Madrasah dan meningkatnya kemampuan berkompetisi peserta didik adalah suatu keniscayaan, oleh karena itu adanya event  lomba semacam KSM (Kompetisi Sains Madrasah Plus Agama) maupun AKSIOMA (Ajang Kompetisi Seni Islami Olahraga Madrasah) adalah sangat penting.

Selain untuk menindaklanjuti program dari Kementerian Agama Republik Indonesia, hal inilah yang mendasari K3MI (Kelompok Kerja Kepala Madrasah Ibtidaiyah) Kab. Sragen menyelenggarakan KSM dan AKSIOMA Plus bagi Peserta didik Madrasah Ibtidaiyah se Kab. Sragen pada Kamis (25/04) bertempat di MIN Hadiluwih.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sragen H. Ahmad Nasirin dalam sambutannya menjelaskan bahwa ajang KSM maupun AKSIOMA sangat penting, karena dapat untuk mengukur kempetensi dan juga meningkatkan daya kompetisi semua elemen pendidikan.

“KSM maupun AKSIOMA ini penting untuk mengukur kompetensi tiap siswa maupun madrasah”, kata Nasirin.

Tak lupa Ahmad Nasirin berpesan agar semua siswa bersemangat dalam berlomba. “Semangatlah kalian, karena ini merupakan sejarah bagi kalian semua”, pesannya.

“Kalian adalah duta-duta terbaik yang telah terpilih dari madrasah masing-masing, bagi yang nanti menjadi juara terus tingkatkan kemampuanmu dan jangan merasa puas karena masih ada even selanjutnya yang lebih tinggi, dan bagi yang belum juara tetap semangat dan bersabar karena masih ada kesempatan di tempat dan waktu yang lain”, tambahnya.

Adapun Hasil KSM dan AKSIOMA Plus adalah sebagai berikut:

  1. Matematika Juara 1 Chalindra Rafi Zidan Nugroho (MIN Ngijo)
  2. IPA + Agama Juara 1 Asoka Fatya Racma (MIN Hadiluwih)
  3. Pidato Bahasa Indonesia Putera Juara 1 Berdy Prasetya Utama (MIN Hadiluwih)
  4. Pidato Bahasa Indonesia Puteri Juara 1 Adinda Maharani (MIN Patihan)
  5. MTQ Putera Juara 1 Ahmad Fakih Al Kamal (MI Darussalam Ngargotirto
  6. MTQ Puteri Juara 1 Iftitah Khayati (MIM Jambangan)
  7. Tahfidz Juz 30 Putera Juara 1 Muhammad Afnan (MIM Sribit)
  8. Tahfidz Juz 30 Puteri Juara 1 Asma (MIM Kliwonan)
  9. Kaligrafi Putera Juara 1 Faiz Mahmud Anaqi A.L (MIN Jono)
  10. Kaligrafi Puteri Juara 1 Syifa Amalia Putri (MIN Patihan)

Ketua panitia kegiatan, H. Khumaidin menyampaikan bahwa dalam rangka menjaga kualitas dan obyektifitas pelaksanaan lomba, K3MI bekerjasama dengan pihak luar yang independen dan berkualitas. 

Untuk menjamin obyektifitas panitia bekerjasama dengan pihak yang independen dan berkualitas seperti dengan GO, MGMP PAI dan Pondok Pesantren. “Kami hanya menjadi panitia penyelenggaraan dan mengawasi saja”, ujarnya.(kum/ir1/wul)