KSM : Jawa Tengah Targetkan Juara Umum

Surakarta – Hari ini Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, dalam hal ini Bidang Pendidikan Madrasah menyelenggarakan Kompetisi Sains Madrasah. Sebanyak 385 siswa madrasah di Jawa Tengah pagi ini hadir di MAN 2 Surakarta untuk mengikuti kegiatan Kompetisi Sains Madrasah yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah.

Pada kesempatan itu Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, H. Ahmadi hadir bersama dengan Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, H. Jamun, beserta para Kasi serta para Kepala Kankemenag se Solo Raya hadir dalam upacara pembukaan.

Dalam sambutannya, Kakanwil berharap dengan diselenggarakannya KSM ini mampu memupuk motivasi siswa untuk terus mencintai dan bergairah dalam mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi. “Siswa madrasah telah memiliki ilmu dan mengamalkan ajaran agama Islam dengan ciri khas akhlakul karimah, hal ini tentunya harus dilengkapi dengan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai tuntutan kehidupan masyarakat yang semakin maju”, kata Ahmadi. Lebih lanjut, Ahmadi mengatakan bahwa KSM merupakan salah satu wadah strategis untuk merealisasikan paradigma pendidikan yang melahirkan sumber daya manusia yang berkarakter kuat, kokoh, tahan uji dan memiliki kemampuan yang handal dalam bidangnya dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.

Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang melahirkan tantangan dalam berbagai aspek kehidupan, sudah sebaiknya pendidikan harus mampu mempersiapkan sumber daya manusia yang berkarakter kuat, jujur, kokoh, tahan uji, kompetitif, serta memiliki kemampuan yang handal di bidangnya. Pendidikan yang berorientasi pada peningkatan kemampuan berpikir logis, kritis, sistematis dan kreatif merupakan hal mutlak dimiliki._

Prestasi KSM tingkat Nasional yang akan datang, diharapkan Ahmadi, Jawa Tengah bisa menyusul kesuksesan Kontingen Jawa Tengah pada Perkemahan Pramuka Santri Nusantara yang berlangsung beberapa waktu lalu di Kalimantan Selatan yang berhasil memperoleh Juara Umum. “Kita bangga dengan prestasi yang telah dicapai oleh para santri di Perkemahan Pramuka Santri Nusantara, untuk itu keberhasilan siswa madrasah dalam KSM Tingkat Nasional di Palembang tanggal 3 – 7 Agustus 2015 sangat kita harapkan. Tentunya hal ini membutuhkan usaha keras dari kita bersama”, harapnya.

Usai menyampaikan sambutan dan pernyataan pembukaan secara resmi, dilakukan pelepasan balon oleh Kakanwil. (fat)