KSM, Kembangkan Potensi Peserta Didik Bidang Sains

Pati – Kompetensi Sains Madrasah atau disingkat KSM adalah salah satu ajang bergengsi yang diselenggarakan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati setiap tahunnya. Terdapat 6 Mata pelajaran yang diujikan dalam KSM tingkat MA yakni Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi dan Geografi.

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2017 Kabupaten Pati ini dilaksanakan serentak dan dibuka oleh JFU seksi pendidikan madrasah Kemenag Pati Ruhani, mewakili Kepala Kemenag Kabupaten Pati, , diikuti sebanyak 245 Orang peserta didik Madrasah dari Madrasah Aliyah (MA) baik Negeri maupun swasta yang terdiri dari 2 MA Negeri dan 61 MA Swasta Se-Kabupaten Pati, bertempat di MAN 2 Pati Jl. Ratu Kalinyamat Gg. Melati II Tayu Kabupaten Pati, Selasa (25/4)

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Seksi Pendidikan Madrasah, Pengawas Madrasah, seluruh Kamad Madrasah, para guru pembimbing peserta didik dari Madrasah terkait serta para peserta KSM yang tampak antusias penuh semangat dan siap mengikuti kompetisi ini. Hal ini disampaikan Kepala MAN 2 Pati Sutarmo saat kegiatan berlangsung.
Ruhani mewakili Kepala Kankemenag kabupaten Pati mengatrakan, Diharapkan dengan adanya KSM ini bisa mengembangkan potensi peserta didik khususnya di bidang sains sehingga perlu ada upaya maksimal baik melalui proses pembelajaran yang bermutu maupun latihan-latihan yang kontinue dan komprehensif untuk mengukur kompetensi siswa dan mutu madrasah.
Kompetisi ini harus menjadi momen kebangkitan madrasah untuk menunjukkan kalau siswa madrasah itu juga bisa bersaing dalam hal keilmuan umum, sehingga nanti akan lahir siswa-siswa yang sholih sholihah tetapi memiliki basic keilmuan yang seimbang,”pungkas Ruhani. (Nasik/Athi’/bd)