KSM Pencetak Siswa Unggul dalam Iptek dan Imtak

Surakarta – Dalam rangka penguatan dan pengembangan ilmu dan teknologi serta peningkatan mutu dan daya saing siswa madrasah, Kementerian agama menggelar Kompetisi Siswa Madrasah (KSM). Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan. KSM tahun 2021 jenjang MTs Kota Surakarta digelar di MTsN Surakarta 1 bertempat di Gedung 1 pada Ahad (22/08/2021) pukul 07.00 – 14.30. KSM jenjang MTs Kota Surakarta diikuti 5 madrasah, yaitu MTsN Surakarta 1, MTsN Surakarta 2, MTs Al Islam, MTs Al Kahfi, dan MTs NDM.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta, H. Hidayat Maskur, S.Ag., M.Si dan diikuti oleh seluruh kepala madrasah Kota Surakarta, peserta dan pendamping. Dalam sambutannya Hidayat menyampaikan bahwa keberadaan KSM ini merupakan ajang kompetisi bagi madrasah untuk menentukan keunggulan dari setiap madrasah yang terukur secara berjenjang dari kota dan provinsi, kemudian dipilih yang terbaik hingga ke tingkat nasional. “Untuk itu saya berharap kepada seluruh siswa peserta KSM Kota Surakarta untuk menunjukkan dan membuktikan kemampuannya. Buktikan bahwa kalian memang pantas menjadi yang terbaik di tingkat nasional” , ujarnya.

Hidayat juga menjelaskan bahwa keberadaan KSM mempunyai makna yang sangat luar biasa. Dengan adanya KSM keberadaan madrasah akan diperhitungkan dari semua kalangan. KSM memberikan bukti bahwa siswa madrasah dapat diperhitungkan di semua kancah dan di semua disiplin ilmu yang ada. Adapun semua ilmu tersebut akan diintegrasikan dengan Alquran. Karena di dalam Alquran terkandung kaidah ilmiah. “Kelak di kemudian hari akan hadir ilmuwan-ilmuwan baru yang hadir dari madrasah kita. Ilmuwan-ilmuwan yang berakhlak mulia “, tambahnya . Hidayat Juga berpesan kepada seluruh peserta yang berada di MTsN Surakarta 1 untuk tetap menjaga protokol kesehatan selama pelaksanaan KSM.

“KSM jenjang MTs Kota Surakarta dibagi menjadi 3 sesi yaitu, sesi 1 untuk mapel Matematika terintegrasi, sesi 2 mapel IPA terintegrasi, dan sesi 3 adalah IPS terintegrasi. Pelaksanaan semua sesi bertempat di MTsN Surakarta 1, “jelas Kirno Suwanto, Ketua Panita KSM. Kirno juga berharap semoga pelaksanaan semua sesi KSM berjalan dengan lancar.

“Alhamdulillah, luar biasa. Soalnya bervariasi dan menantang. Bahkan ada yang lumayan susah, tapia da juga yang gampang. Selain itu soal-soalnya juga mengasah kemampuan agama kita, “tutur Elvira Olga, Peserta KSM mapel Matematika Terintegrasi.
Mihati Latifah, Sie Prestasi MTsN Surakarta 1 berharap semoga peserta KSM MTsN Surakarta 1 mendapatkan hasil terbaik. “Semua ikhtiar untuk menyiapkan anak-anak dalam mengikuti KSM sudah dilakukan. Mulai dari seleksi sampai dengan bimbingan sudah dilakukan. Hal yang bisa dilakukan setelah ikhtiar adalah berdoa dan tawakal. Semoga Allah memberikan hasil terbaik, “harap Mihati. (Diana/Asih/bd)