KSM Resmi Dibuka, MTs N 2 Banjarnegara Ikuti secara Virtual

Banjarnegara – Kompetensi Sains Madasah (KSM) jenjang MI, MTs, dan MA Tingkat Provinsi Jawa Tengah resmi dibuka Sabtu, (18/9) pukul 19.00 secara virtual. Dengan mengusung tema Integrasi Sains menuju  Madrasah Mandiri dan Berprestasi. 

KSM digelar sebagai kompetensi sains melalui teknologi (daring). Even bergengsi ini diharapkan menumbuhkan madrasah berprestasi. Mempersiapkan sumber daya manusia yang berkarakter, jujur, kokoh, tahan uji, dan kompetitif, serta memiliki kemampuan (skill) yang handal di bidangnya

Adapun bidang yang dilombakan untuk jenjang MI/SD adalah Matematika Terintegrasi dan IPA terintegrasi. Untuk jenjang MTs/SMP adalah MatematikaTerintegrasi, IPA terpadu terintegrasi, IPS terpadu terintegrasi, dan untuk jenjang MA/SMA adalah Matematika terintegrasi, Biologi terintegrasi, Fisika terintegrasi, Kimia terintegrasi, Ekonomi terintegrasi, dan Geografi terintegrasi.

Jumalah peserta yang semakin meningkat dari tahun sebelumnya menandakan betapa antusias para siswa dan pembina dalam menyambut even ini. Jumlah peserta yang ikut dari 22 kabupaten kota sebanyak 15.077 peserta dari MI/SD, MTs/SMP, dan MA/SMA.

“ Pelaksanaan lomba serentak mulai tanggal 19-20 September 2021 secara on line,” jelas Syaefuloh selaku kabid Penmas.

“Kompetensi sains ini adalah kompetensi di era kolaborasi. Kolaborasi sains dengan ilmu keislaman. Harapan dari KSM untuk siswa, pertama, memberi kebebasan berpikir sesuai dengan bidang yang diminati. Kedua, membangun kemandirian. Mandiri sangat diperlukan dalam kondisi seperti saat ini. Belajar dengan berselancar dengan berbagai web dan tidak melihat konten yang tidak bermanfaat butuh kemandirian. Ketiga, memerlukan pendampingan. Siswa sangat membutuhkan pendampingan dalam mengembangkan potensi agar berjalan sesuai dengan yang diharapkan, “ jelas Musta’in Ahmad, Kepala Kanwil Kemenag Jateng dalam membuka acara.

Semua guru dan karyawan MTs N 2 Banjarnegara mengikuti acara ini dengan penuh khikmat secara virtual melalui zoom dan youtube Kemenag Jawa Tengah. (dw/ak/rf)