KUA Cerminkan Citra Kementerian Agama

Klaten – KUA merupakan unit terdepan Kementerian Agama di Tingkat Kecamatan, karenanya citra baik layanan masyarakat pada KUA mencerminkan citra baik Kementerian Agama. Pelayanan prima tidak bisa dipisahkan dengan visi misi serta rencana strategis Kementerian Agama sendiri untuk mencapai pelayanan, kepuasan masyarakat dalam bidang keagamaan, dan bidang lainnya.

Demikian disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten, Masmin Afif, dalam kegiatan Pembinaan Peningkatan Kualitas Manajemen Kelembagaan KUA, yang diadakan di RM Mayar Klaten, dan diikuti oleh 26 Kepala KUA Kecamatan se Kabupaten Klaten dan ASN Pengelola KUA, Kamis (18/10).

“Dalam memberikan pelayanan terbaik, adalah dengan menunjukkan sifat yang santun dan bertutur kata yang bijak juga lemah lembut. Meningkatkan kualitas pelayanan di KUA dengan melakukan inovasi di KUA, karena KUA merupakan sasaran masyarakat,” tandas Masmin.

“ASN di KUA harus 'melek' IT, mau tidak mau semua pelayanan dan pelaporan semua berbasis IT dan online, maka bagi yang belum bisa komputer, diharapkan segera belajar dan terus belajar,” ungkapnya.

Senantiasa meningkatkan kinerjanya sehingga ke depannya KUA semakin lebih baik. Selain itu, hendaknya managemen administrasi semakin dibenahi dan senantiasa bekerja berdasar pada garis aturan dan regulasi yang seharusnya.

“Jangan sampai ada pungutan liar (pungli) dalam bentuk apapun, terapkan Zona Integritas pada KUA dengan menolak segala bentuk gratifikasi,” harapnya.

Sementara itu, Hartanto selaku kasi Bimas Islam Kemenag Klaten menyampaikan, acara ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang handal di bidang masing-masing dan meningkatkan kredibitas aparatur KUA dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

“Diharapkan dengan kegiatan ini mudah-mudahan bisa melakukan penataan, pembinaan, pengembangan KUA yang memiliki kapasitas dan kepastian untuk memberikan pelayanan baik pada masyarakat,” imbuhnya.(aj/sua)