KUA Didesain Berikan Layanan Bagi Semua Agama

Pemalang – Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang menyelenggarakan kegiatan Pembinaan dan Capacity Building Penghulu di Rainbow Rafting Kecepit, Randudongkal, Kabupaten Pemalang, Senin (14/06).

Kegiatan diikuti oleh Kepala KUA kecamatan, penghulu dan jajaran Seksi Bimas Islam. Menurut Kasi Bimas Islam, Jaenal Abidin, bahwa setelah mengikuti kegiatan diharapkan kinerja KUA, penghulu dan Bimas Islam dapat meningkat dan lebih baik lagi.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang, Fahrur Rozi yang hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan agar KUA dapat memberikan layanan terbaik kepada masyarakat dan umat beragama.

“KUA ke depan didesain sebagai kantor yang melayani berbagai kepentingan keagamaan, seperti konsultasi zakat, konsultasi wakaf, konsultasi haji dan lainnya termasuk informasi data. Jika di suatu wilayah KUA ada lima agama maka harus mendapatkan pelayanan yang sama dalam hal pembinaan, dalam hal data,” kata Fahrur,

“Kemudian jika ada layanan konsultasi agama, maka kita semua akan bekerja sama, Kementerian dengan kelompok-kelompok bimbingan ibadah. Kita harus memfasilitasi agar mereka mendapatkan bimbingan keagamaan yang sama sehingga kerukunan intern dan antar umat beragama menjadi lebih baik,” imbuhnya.

Selanjutnya ia mengatakan sesuai pesan Menteri Agama bahwa semua ASN Kemenag baik penghulu, pengawas, guru, dan pejabat lainnya harus memiliki pemahaman agama yang moderat, tidak terlalu ekstrim ke kanan dan ekstrim ke kiri.

Fahrur juga menekankan perlunya meningkatkan digitalisasi layanan di KUA. Misalnya untuk pendaftaran nikah menggunakan aplikasi SIMKAH dan inovasi lainnya. Harapannya masyarakat akan mudah mengakses dan mendapatkan layanan secara digital dengan mudah. (hbb/fi/rf)