KUA Harus Bisa Dalam Perencanaan Berbasis On Line

Purbalingga – Seksi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga, mengadakan sosialisasi dan pelatihan e-planning Bimas Islam (EBI) yang merupakan aplikasi perencanaan berbasis online pada Direktorat Jenderal Bimas Islam. Kegiatan dihadiri oleh 20 orang operator EBI dari setiap KUA Kecamatan di Purbalingga dan 10 orang Pegawai pada Bimas Islam Kemenag Purbalingga.

Kepala Seksi Bimas Kemenag Purbalingga, Makhfuri dalam sambutan sekaligus membuka acara kegiatan Senin (08/05) di Aula Lantai 2 Kankemenag Purbalingga menegaskan kepada seluruh peserta agar serius dalam mengikuti kegiatan.

“Kepada seluruh peserta agar serius mengikuti kegiatan sosialisasi EBI, dan saya sudah menekankan kepada kepala KUA di seluruh Kecamatan agar mengirimkan pegawai yang memahami dan menguasai IT karena nantinya jadi operator EBI,” tegas Makhfuri.

Narasumber kegiatan sosialisasi dan pelatihan EBI, Didik Wirawan yang juga adalah pegawai bagian perencanaan pada subbag tata usaha kemenag purbalingga  menjelaskan tujuan adanya EBI.

“Aplikasi perencanaan berbasis on line ini atau EBI, bertujuan untuk menggali potensi Bimas Islam terutama KUA dalam hal perencanaan kebutuhan untuk tahun yang akan datang,” jelas Didik.

Dia menambahkan perlunya data dukung dalam hal perencanaan serta kewajiban mengisi aplikasi EBI. “Data dukung dibutuhkan sehingga asumsi anggaran yang dibutuhkan untuk tahun yang akan datang bisa diketahu dengan pasti sesuai dengan kebutuhan dari masing-masing KUA dan kepada semua KUA wajib mengisi karena akan berdampak pada penentuan pagu dalam penyusunan RKAK/L 2018,” tambahnya.

Didik juga menyampaikan adanya kendala terkait peralatan untuk menscan data dukung yang akan di inputkan pada aplikasi EBI.(sf/gt)