KUA Kalibawang Bangun Sinergi dengan Ormas Keagamaan Optimalkan Moderasi Beragama

Wonosobo – Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI) Kecamatan Kalibawang ingin menyamakan persepsi tentang moderasi beragama dan pentingnya mengarusutamakan moderasi beragama dalam berbangsa dan bernegara, untuk itu secara berkala mengundang tokoh ormas keagamaan. Pada kesempatan kali ini hadir Ketua Pimpinan Anak Cabang GP Ansor, Muslimat dan Fatayat Nahdlatul Ulama di KUA Kecamatan Kalibawang. Rabu (9/6)

Agus Yuwantoro Kepala KUA Kalibawang  menyampaikan, seluruh elemen Kankemenag Kab. Wonosobo termasuk KUA dan Penyuluh mempunyai tanggung jawab, peranan dan fungsi untuk memberikan pelayanan keagamaan diantaranya juga menyampaikan moderasi beragama kepada masyarakat. Agama yang dimaksud adalah beragama yang moderat, yang mengedepankan toleransi, saling menghargai, saling menghormati, cinta Tanah Air, menghargai budaya dan tradisi, menghindari kekerasan, serta menghindari narasi kebencian.

Agus mengatakan, perlu ada sinergi dengan ormas-ormas Islam untuk membangun kualitas kehidupan beragama di Kecamatan Kalibawang, “perlu ada kolaborasi dan kerja sama produktif antara pemerintah dan ormas-ormas Islam yang selama ini sudah terjalin dengan sangat bagus dan sangat produktif,” ujarnya.

Selanjutnya dalam kesempatan yang sama, Wakhid Setiyawan selaku Penyuluh Agama Islam menyampaikan, FKPAI dan KUA akan terus menggandeng ormas Islam guna mewujudkan dakwah Islamiyah yang moderat dan rahmatan lil alamin, “kami akan bersinergi dengan ormas Islam dalam merumuskan metode dan strategi dakwah agarlebih bervariasi tidak hanya bil lisan namun juga dengan bil hal ataupun bil mal yaitu dengan optimalisasi Zakat, Infaq, Shodaqoh dan wakaf untuk pemberdayaan umat” kata Wakhid Setiyawan

Ketua PAC GP Ansor Kalibawang, Nur Salim sangat mengapresiasi kegiatan ini, sinergi dan komitmen serta komunikasi yang baik antara KUA dan Ormas menyatukan langkah gerak bersama dalam dakwah dan pemberdayaan masyarakat.

Dalam kesempatan itu juga diserahkan bantuan untuk pembangunan gedung MWC NU Kalibawang yang berasal dari infaq para penyuluh Agama Islam Kalibawang kepada panitia pembangunan yang di wakili oleh sahabat Nur Salim.

Sementara itu, saat dimintai pendapatnnya Kakankemenag Kab. Wonosobo diruangannya pada hari Rabu (9/6) menyampaikan, sinergi yang sudah di lakukan oleh KUA Kec. Kalibawang dengan ormas diharapkan mampu terus terjalin dengan baik, “koordinasi dan sinergi itu penting, kita harus sadari bahwa kita tidak bisa selamanya bergerak sendiri. Kolaborasi antar KUA dan Ormas diharap mampu meningkatkan pemahaman masyarakat terkait moderasi beragama,” kata Farid.

Farid berpesan kepada seluruh elemen Kankemenag untuk terus berinovasi menciptakan terobosan untuk meningkatkan pelayanan kepada Masyarakat. Ps-ws