KUA Kec Kota Berikan Pembelajaran Fikih Munakahat Kepada Siswa SMAN 1 Bae

Kudus – Dalam upaya menambah wawasan dan pemahaman tentang fikih munakahat, KUA Kota bekerja sama dengan pengampu mata pelajaran agama Islam SMAN 1 Bae Kudus, memberikan pembelajaran tentang Fikih Munakahat kepada siswa-siswi Kelas XII SMAN 1 Bae Kudus.

Kurang lebih 35 siswa-siswi begitu antusias dan semangat mengikuti pembelajaran ini, pada hari Rabu tanggal 01 November 2017, bertempat di Balai Nikah KUA Kota Kudus.

Rombongan siswa-siswi SMAN 1 Bae Kudus dengan dipandu oleh guru pengampu mata pelajaran Agama Islam, dan diterima secara langsung oleh Kepala KUA Kecamatan Kota Kudus.

Dalam sambutan penerimaannya, Ali Hasan selaku Kepala KUA Kec.Kota Kudus, menyambut baik dan apresiasi agenda pembelajaran ini, harapannya dengan agenda pembelajaran ini nantinya dapat lebih menambah edukasi, wawasan dan pemahaman tentang apa itu ilmu fikih munakahat dan pembahasan secara lebih detail tentang perkawinan. Sehingga siswa-siswi nantinya dapat lebih mempersiapkan diri dan memiliki bekal manakala memasuki jenjang pernikahan menuju keluarga sakinah mawadah warohmah.

Dalam agenda pembelajaran ini memberikan penjelasan tentang apa itu perkawinan, UU No 1 Tahun 1974 tentang perkawinan, Tujuan perkawinan, Rukun dan Syarat Syahnya Perkawinan, Hukum Nikah dan pelaksanaan Akad Nikah.

Bersamaan dengan agenda pembelajaran fikih munakahat tersebut, terdapat prosesi akad nikah di Kantor KUA Kec Kota, sehingga siswa-siswi dapat secara langsung melihat prosesi akad nikah secara langsung. Dan siswa-siswi sangat antusias dan memperhatikan detik-detik pengucapan ijab kabul hingga perkawinan menjadi syah secara hukum dan agama.

Dengan pembelajaran fikih munakahat ini, diharapkan dapat menekan angka pernikahan dini dan kurang umur, yang akhir-akhir ini banyak terjadi. Dan pada akhir sambutannya, Ali Hasan berpesan agar para siswa belajar dengan giat untuk menghadapi Ujian Nasional demi menatap masa depan yang gemilang. Kejarlah cita-citamu sebelum mengejar cintamu. Karena di era globalisasi ini tantangan dan persaingan semakin berat, maka persiapkan dirimu sebaik mungkin dengan selalu belajar…belajar dan berkarya.(eti/bd)