KUA Kecamatan Kragan Gelar Sosialisasi Bersama Perangkat Desa

Kragan –KUA Kecamatan Kragan menyelenggarakan sosialisasi dalam rangka menyamakan persepsi dan rapat teknis pelaksanaan program Pusaka Sakinah pada Kamis (23/09) di Balai Desa Mojokerto. Sosialisasi ini dihadiri oleh Penghulu, Pelaksana KUA, masyarakat Mojokerto dan Kasi Pelayanan Desa Mojokerto.

Kepala Seksi Bimas Islam, Ali muhyiddin secara terpisah menyampaikan, sosialisasi tersebut untuk menindaklanjuti salah satu Program KUA Piloting Program Pusaka Sakinah (Pusat Layanan Keluarga Sakinah) tahun 2021. Dengan adanya rapat koordinasi ini, diharapkan bisa terjalin kerja sama yang baik.

”Program Pusaka Sakinah berusaha mentransformasi kegiatan formalistik KUA kepada orientasi kebutuhan masyarakat, mendampingi, memberi bimbingan, advokasi, mediasi, dan konsultasi,” kata Ali ketika diwawancara Kamis (23/9).

Pusaka Sakinah meliputi empat program, yaitu: Aman (administrasi manajemen KUA), Berkah (Belajar Rahasia Nikah), Kompak (konseling mediasi, pendampingan dan advokasi), serta Lestari (Layanan bersama Ketahanan keluarga Republik Indonesia). Keempat program tersebut merupakan unggulan pada KUA piloting.

“Ke depannya KUA tidak hanya berfungsi formil dalam pencatatan nikah. Lebih dari itu, KUA memiliki tanggung jawab agar pasangan yang dinikahkan dapat mewujudkan keluarga sakinah, sejalan dengan itu, pelayanan kepenghuluan dan lainnya di KUA harus menjadi poros ketahanan keluarga,” jelas Ali.

Sementara itu Kepala KUA Kecamatan Kragan, Amin Musa dalam sosialisasi tersebut menjelaskan, Program Pusaka Sakinah bisa berjalan dengan kerjasama dan koordinasi yang baik antara KUA dengan Kasi Pelayanan Desa.

Program Aman berkaitan dengan penataan administrasi khususnya berkas-berkas pernikahan. Program Berkah berusaha memberikan bekal bagi catin, Program Kompak berusaha menangkal hal-hal yang mengarah kepada perceraian, serta Program Lestari berusaha melestarikan kelanggengan perkawinan.

“Untuk melaksanakan empat program pusaka sakinah itu KUA Kecamatan Kragan harus didukung oleh semua stakeholder yang ada. Peran Kasi pelayanan di masing-masing desa menjadi mitra yang sangat strategis bagi KUA. Untuk itu saya mengharapkan agar kerjasama yang baik untuk kita tumbuhkan,” papar Amin. (Mkk/iq)