Kunci Sukses DUPAK, Rajin dan Telaten

Semarang — Subbag Perencana, Data dan Informasi Kanwil Kemenag Provinsi Jateng menggelar kegiatan Pembinaan dan Pengembangan Karir Jabatan Fungsional Tertentu (JFT) Pranata Komputer (Prakom) di Hotel Syariah Solo,3-5/11. Kegiatan ini diikuti oleh JFT Prakom di lingkungan Kanwil Kemenag Prov.Jateng.

Hari pertama kegiatan diisi dengan pembinaan oleh Kabag TU Kanwil Kemenag Provinsi Jateng, Fajar Adi Nugroho. Dalam pembinaannya Fajar menyampaikan bahwa mendukung penuh ikatan Prakom.

Ketua Pokja Prakom Kemenag RI, Amin R.S. Budiantono, yang biasa disapa Anton, menyampaikan materi dengan tema Arah Pengembangan Karir Jabatan JFT Prakom Kemenag. Materi ini disampaikan pada hari kedua.

Anton menyarankan kepada Prakom untuk rajin mendokumentasikan setiap kegiatan dalam rangka pelaksanaan tugas kedinasan sehari-hari, guna mengajuan Daftar Usulan Penetapan Angka Kredit (DUPAK).

“DUPAK diajukan saja, yang penting setiap kegiatan yang Saudara lakukan, jangan lupa didokumentasikan,” terang Anton kepada peserta kegiatan.

Hadir pula Hesti Pramudyasti, Prakom Muda BPS Provinsi Jateng sebagai narasumber, yang mengambil tema Teknik Penyusunan Angka Kredit (PAK) JFT Prakom. Hesti memberikan motivasi kepada peserta untuk tidak patah semangat dalam menyusun DUPAK. “DUPAK itu mudah, yang susah adalah memulainya,” ucap Hesti.

Penjelasan nara sumber cukup menjawab pertanyaan besar dari peserta kegiatan. “Kami jadi lebih faham akan hal-hal apa saja yang perlu kami lakukan guna pengembangan karir JFT Prakom,” ungkap Arya Maulana, peserta dari Kankemenag Kota Semarang. – (arya/iq/bd)