Kunjungan Kerja Spesifik Komisi VIII DPR RI ke Kabupaten Kebumen

Kebumen (Humas) – Kakanwil Kemenag Prov. Jateng, Musta’in Ahmad turut hadir dalam kunjungan kerja (Kunker) spesifik Komisi VIII DPR RI ke Kab. Kebumen, Jawa Tengah dalam rangka pengawasan dan penyaluran bantuan sosial (bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) serta penyaluran bantuan program pendidikan dan pelaksanaan pembelajaran tatap muka di lingkungan Kementerian Agama yang berlangsung di Gedung Pertemuan Sekretariat Daerah Kabupaten Kebumen, Rabu (17/11).

Turut hadir dalam kunker tersebut, para anggota Komisi VIII DPR RI dengan ketua tim Abdul Wachid, Margo Wiyono selaku Inspektur Bidang Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial RI, Andi Patunruang selaku Direktorat Penanganan Fakir Miskin Kementerian Sosial RI, Sumarno selaku Sekretaris Daerah Jawa Tengah, Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Provinsi Jawa Tengah yang diwakilkan oleh Sarjimo selaku Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Spesial Provinsi Jateng, Arif Sugiyanto selaku Bupati Kebumen, Panut selaku Kakankemenag Kab. Kebumen serta para Koordinator Bansos Pangan tingkat Provinsi, Kabupaten dan Kecamatan.

Dalam paparannya Abdul Wachid menyatakan ditengah kondisi pandemi covid-19 seperti ini pentingnya wakil rakyat bersama Pemerintah Pusat serta Pemerintah Daerah untuk meningkatkan kinerja. Secara umum mereka berharap supaya seluruh serapan anggaran dapat terealisasi dengan baik.

“Agenda penting dalam kunker spesifik hari ini hendak mengetahui secara langsung bagaimana serapan anggaran yang bersumber dari APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) tahun 2021 yang dilaksanakan Pemerintah Daerah (Pemda) Kab. Kebumen yang bersinergi dengan Kementerian Sosial, Kementerian Agama dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana,” tutur Abdul Wachid.

“Biasanya kunker kami laksanakan diwilayah Provinsi, tetapi untuk kunjungan kali ini kami sengaja datang ke Kabupaten Kebumen hendak menyerap aspirasi dari Pemda Kab. Kebumen serta masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan sosial,” imbuhnya.

Kakanwil Kemenag Prov. Jateng turut mengucapkan terimakasih yang kepada Komisi VIII DPR RI yang senantiasa membimbing jajaran Kanwil Kemenag Prov. Jateng.

“Saya mengucapkan terimakasih, rasa hormat dan bangga setinggi-tingginya kepada Komisi VIII DPR RI yang terus memberikan bimbingan kepada jajaran Kanwil Kemenag Prov. Jateng,” tutur Musta’in.

“Secara umum dapat kami laporkan bahwa tugas-tugas yang harus kita laksanakan di Jawa Tengah dalam bimbingan serta pengawasan Komisi VIII DPR RI, kaitannya dengan Lembaga-lembaga Keagamaan dan Lembaga Pendidikan Agama dapat kita laksanakan dengan baik,” pungkasnya.

Acara dilanjutkan dengan diskusi antara masyarakat Kab. Kebumen yang hadir dengan para anggota Komisi VIII DPR dengan harapan dapat menyerap aspirasi dan nantinya dapat merealisasikan setiap anggaran yang telah direncanakan dengan tepat sasaran. Diakhiri dengan penyerahan bantuan secara simbolis oleh Ketua Tim kunker, Abdul Wachid bersama rombongan. (pqq)