Kunjungi Tempat Ibadah, Kepala Kemenag Himbau Panitia Mengurus IMB

Karanganyar – Usai menghadiri pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung di Desa Trengguli Kecamatan Jenawi, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar, H. Musta’in Ahmad bersama Penyelenggara Syariah, Yusuf Iksanu Irham mengunjungi Tempat Ibadah Pura Kertaloka dan Sebuah Masjid yang dalam tahap pembangunan di Desa Menjing pada kecamatan yang sama, (04/07).

Dalam kunjungannya tersebut Kepala Kemenag menghimbau pengurus/panitia tempat ibadah untuk mengurus Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Tempat Ibadahnya. Terlebih saat ini ada program pengurusan IMB Tempat Ibadah secara massal di Kabupaten Karanganyar, sehingga prosesnya bisa lebih mudah.

“Ini nanti segera di urus IMB Masjidnya, untuk persayaratannya bisa ditanyakan ke KUA atau Kantor Kementerian Agama agar tempat ibadah ini resmi secara administrasi. Saat ini juga sedang ada pendataan massal terkait pembuatan IMB tempat ibadah, jadi bisa lebih mudah mengurusnya”, ucap Musta’in.

Di tempat terpisah, Kepala Kemenag yang mengunjungi Pura Kertaloka mengatakan bahwa kehadirannya tersebut untuk melihat kondisi tempat ibadah agama hindu yang akan menyelenggarakan upacara melaspas.

“Kementerian Agama adalah kementerian yang mengurusi semua agama resmi yang ada di Indonesia, tidak hanya Islam saja yang umatnya besar. Oleh karenanya kita kesini dalam rangka memberikan perhatian dan melihat secara langsung kondisi umat hindu yang ada di Kecamatan Jenawi ini, khususnya di desa Menjing dekat dengan Pura”, kata Musta’in.

Menurut pengurus Pura Kertaloka, ada sekitar 18 anggota keluarga yang beribadat di Pura Kertaloka tersebut. Pura tersebut baru saja kedatangan patung yang dikirim dari Bali dalam bentuk potongan-potongan sebagai sarana peribadatan umat hindu.

Secara pribadi, Kakankemenag memberikan bantuan kepada panitia pembangunan masjid di Desa Menjing, Jenawi. Harapannya masjid yang sedang dibangun dapat menjadi sarana umat Islam sekitarnya untuk meningkatkan ibadahnya. (ida-hd/Wul)