Lantunan Asmaul Husna sebagai Pembuka KBM

Tegal (Slawi) – Lantunan Asmaul Husna pada pagi hari berkumandang pada setiap kelas di MAN 2 Tegal. Kebiasaan membaca Asmaul Husna sudah sejak dari dulu diadakan oleh semua peserta didik sebelum jam pelajaran pertama dimulai. Hal itu juga dilakukan oleh para pendidik yang mendapat jadwal jam pertama.

Ditemui di ruang kerjanya Kamis (4/10), Wakil Kepala urusan Kurikulum Khasan Bisri menyampaikan, membaca Asmaul Husna melambangkan dan memperlihatkan betapa besarnya kekuasaan Allah SWT. “Dengan membaca Asmaul Husna kita akan mendapatkan manfaat, keberkahan hidup, dan senantiasa mendapatkan kebaikan serta perlindungan Allah SWT,” ujarnya.

Selanjutnya, Khasan menyampaikan bacaan Asmaul Husna tersebut harus membudaya sejak dini di madrasah dan tidak semata-mata digunakan hanya terbatas pada kata pembukaan dalam awal belajar saja tapi juga dalam setiap aktivitas sehari-hari. “Asmaul Husna harus dibiasakan oleh seluruh civitas akademika sehingga dapat menjadi sebuah budaya dalam kehidupan sehari-hari di rumah, madrasah ataupun di masyarakat,” tambahnya.

Di tempat terpisah Kepala MAN 2 Tegal A. M. Alwi mengatakan, madrasah sangat menekankan kepada peserta didik dan warga madrasah untuk selalu terbiasa membaca Asmaul Husna dalam lingkungan madrasah dan di kehidupan sehari-hari, sebagai pujian akan kebesaran Allah SWT, baik untuk yang membacanya atau yang mengamalkannya,“ katanya.

Alwi berharap peserta didik dan semua warga madrasah dapat terus membudayakan Asmaul Husna, kapan saja dan dimana saja, agar hari-harinya dipenuhi kebesaran dan keberkahan Allah SWT. “Ucapan Asmaul Husna bukan sekedar bacaan, tetapi dengan membacanya kita dapat manfaat diantaranya mempermudah segala urusan kita, termasuk untuk para siswa agar diberikan kemudahan dalam menerima semua pelajaran yang diberikan oleh guru,” ucapnya.

Sementara itu salah seorang siswa kelas XI.IPA.1 Dwi Mega mengungkapkan akan selalu membiasakan membaca Asmaul husna. “Dengan membaca Asmaul Husna, maka kita akan memperoleh kemudahan, dan dapat menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT”. pungkasnya. (dhi/za/rf)