Lasem Raih Juara Umum Porsadin Rembang

Rembang — Kecamatan Lasem berhasil meraih juara umum Pekan Olah Raga dan Seni Madrasah Diniyyah tingkat Kabupaten Rembang. Kafilah dari Lasem tersebut membawa pulang tiga piala juara I, dua piala juara II, dan empat piala juara harapan I.

Sementara juara umum II diraih oleh Kecamatan Sarang dengan tiga piala juara I, dua piala juara II, dan empat piala juara harapan I. Kecamatan Rembang menduduki juara umum III dengan perolehan dua piala juara I, satu piala juara II, dan tiga piala juara III.

Porsadin merupakan perhelatan lomba antar madrasah diniyyah takmiliyyah kali pertama di Kabupaten Rembang yang diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Madrasah Diniyyah Takmiliyyah (FKDT) Rembang bekerjasama dengan Kementerian Agama Kabupaten Rembang dan Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olah Raga Kabupaten Rembang. Kegiatan ini digelar selama dua hari, Sabtu-Minggu (11-12/10) di komplek Sanggar Budaya Pendopo Lama, Rembang.

Plt. Bupati Rembang, H. Abdul Hafidz yang membuka langsung acara ini menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas penyelenggaraan Porsadin ini. Menurutnya, Porsadin merupakan wahana yang sangat positif dalam mempertahankan nilai-nilai Islam yang dirasa terkikis sedikit demi sedikit oleh perkembangan zaman.

“Untuk mencapai sebuah bangsa yang berkualitas, maka SDM, terutama generasi muda haruslah mempunyai landasan akhlaq dan budaya yang kuat. Dengan iman hidup akan lebih terarah, dengan budaya bangsa akan bisa bersatu, dan dengan seni hidup akan menjadi indah. Porsadin ini merupakan sarana yang tepat untuk mencapai tujuan itu,” papar beliau.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang, Drs. H. Atho’illah ,M.Pd.I mengatakan, Porsadin ini merupakan sarana untuk meningkatkan ‘ghiroh’ madrasah diniyyah di tengah tantangan waktu yang semakin modern. Beliau juga berharap, eksistensi madin di tengah masyarakat tetap diakui sebagai lembaga yang mampu memdidik dan membawa generasi ‘khoiru ummah’.

Kepala Seksi PD Pontren, Drs. H. Musthofa MH mengatakan, Porsadin ini merupakan salah satu persiapan menyelenggarakan Porsadin tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun depan di Kabupaten Rembang.

Ketua FKDT Kabupaten Rembang, H. Sunarko Beliau menambahkan, Rembang merupapan salah satu daerah yang mempunyai animo tinggi terhadap madin. Hal ini dibuktikan dengan kebaradaan madin yang cukup banyak. Disebutkannya, jumlah madin tingkat ula mencapai 423, tingkat wustho 37, dan tingkat ulya 19.—Shofatus Shodiqoh