Latihan Dasar Kepemimpinan Pengurus OSIM MTsN 2 Wonosobo

Wonosobo – Asah jiwa kepemimpinan Pengurus Organisasi siswa intra Madrasah (OSIM), MTsN 2 Wonosobo gelar Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) bagi pengurus OSIM. Latihan diselenggarakan selama dua hari yakni Selasa-Rabu, 16-17 November 2021 bertempat di Aula Madrasah setempat.

Waka Kesiswaan, Hj. Ani Faoriyah, menyampaikan bahwa LDK diikuti oleh empat puluh peserta terdiri dari pengurus OSIM dan perwakilan kelas, “ada 40 siswa yang mengikuti kegiatan tersebut. diharapkan nantinya seluruh peserta betul-betul menyimak materi latihan. Adapun materi latihan  antara lain, Keorganisasian dan Kepemimpinan, Protokoler dan Kehumasan, Praktek Penyusunan Program,” katanya.

Ia berharap dengan adanya pelatihan tersebut akan menunjang kinerja pengurus dalam melaksanakan tugasnya.

Selanjutnya, Yatiman, selaku kepala MTsN 2 Wonosobo dalam sambutannya sekaligus membuka acara menyampaikan bahwa OSIM merupakan salah satu wadah pembinaan bagi peserta didik di Madrasah.

“Wadah organisasi ini kita harapkan akan menjadi wahana mempersiapkan calon-calon pemimpin di mana depan. Karena peserta didik hari ini akan di persiapkan menjadi pemimpin di tahun 2045.” Katanya.

Ia menambahka, seiring pesatnya perkembangan teknologi dan informasi generasi muda akan dihadapan pada tantangan sekaligus banyak peluang,

“ada empat tantangan yang dihadapi generasi saat ini, pertama tantangan era otomatisasi, kedua era globalisasi, ketiga kolaborasi, dan yang keempat kemandirian. Keempat tantangan tersebut terbentang peluang, hal ini diperlukan pemahaman, pembimbing bagi generasi muda untuk bijak dalam penggunaan media sosial,” tandasnya.

Sementara itu, ditemui ditempat berbeda, Kakankemenag Kab. Wonosobo Ahmad Farid, saat mengetahui adanya kegiatan tersebut menyampaikan pentingnya organisasi sebagai wahana pembentukan karakter siswa,

“organisasi itu adalah wadah untuk melatih kepemimpinan bagi siswa sekaligus menumbuhkan sikap tanggungjawab dan disiplin. Proses yang dilalui siswa dalam organisasi inilah yang nantinya akan membentuk karakter siswa,” kata Farid. YTM-Ws