“Layanan Satu Atap”, Kemenag Klaten Permudah Pendaftaran Haji

Klaten – Membludaknya peminat haji di Kabupaten Klaten perlu diimbangi dengan pelayanan yang optimal. Layanan haji satu atap ini sangat membantu masyarakat dalam memudahkan pendaftaran haji. Banyak yang mengurus haji hingga berjam-jam bahkan berhari-hari, demikian dikemukakan Plt Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten Anif Solikhin dalam rapat koordinasi pelayanan haji satu atap di Aula Koppenda Kemenag Klaten yang di hadiri seluruh kepala KUA Kecamatan se Kab. Klaten, BPS-BPIH dan KBIH (Rabu,22/2).

Disampaikan oleh Anif tujuan pelayanan satu atap dalam pendaftaran ibadah haji tidak lain adalah untuk mempermudah calon jamaah haji dalam melakukan prosesnya. Dengan mendekatkan BPS-BPIH  pada Kantor Kementerian Agama, hal tersebut akan mempercepat proses pendaftaran karena masyarakat tidak harus bolak-balik antara Kemenag dan Bank yang jaraknya lumayan jauh.

Ini merupakan salah satu upaya untuk mempermudah masyarakat saat melakukan pendaftaran haji. Salah satu perbaikan pelayanan kepada calon jemaah haji Kabupaten Klaten. “Pelayanan satu atap dimaksimalkan dengan pendaftaran dan pembayaran dengan cara membuka cabang-cabang perbankan syariah di satu tempat yang sama,” katanya.

Menurut Anif, semua proses pendaftaran haji dilakukan dalam satu atap. Mulai penyerahan berkas persyaratan, buka rekening bank tempat pembayaran setoran awal, verifikasi dan validasi data, pengambilan sidik jari hingga penandatanganan oleh pejabat Kemenag yang berwenang. “Pelayanan ini, bisa memotong waktu yang sangat cepat dan mudah,” ucapnya.

Disamping itu, menurut Kakankemenag hal itu juga membuat pendaftaran haji lebih efisien. Dengan melakukan proses pendaftaran ibadah haji di satu tempat, akan menghemat waktu dan tenaga masyarakat.

Lebih lanjut Kakankemenag mengatakan dalam rakor tersebut bahwa harapan pelayanan haji satu atap agar segera dapat diwujudkan, citra Kemenag sebagai pelayanan masyarakat khususnya dalam pendaftaran haji akan lebih meningkat baik, sesuai dengan visi dan misi Kemenag juga “Lebih Dekat Melayani Umat”.(hm-aj/Wul)