LDK Melatih Siswa Menjadi Pemimpin Yang Bertanggung Jawab

Jepara – Pada hari Ahad, 14 Oktober 2018, Palang Merah Remaja (PMR) Wira Satria Puja MAN 1 Jepara mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) bagi pengurus baru tahun pelajaran 2018/2019.

Kegiatan ini diikuti oleh 28 peserta, dan  dibuka dengan apel pagi, yang dipimpin oleh wakabid kesiswaan, Rofiq Prihanto.

Rofiq berharap, peserta LDK dapat mengambil pelajaran penting dalam setiap kegiatan. ''Dengan adanya LDK peserta dapat belajar menjadi pemimpin, minimal memimpin diri sendiri dan mengkoordinir suatu kelompok,'' harap Rofiq.

Selanjutnya, para peserta diajak untuk mendalami materi dasar-dasar kepemimpinan, yang disampaikan oleh  Ahmad Fadhillah dari PMI cabang Jepara dan Endrik selaku pembina ekstra PMR.

“LDK merupakan pelatihan dasar tentang segala hal yang berkaitan dengan kepemimpinan. Pelatihan ini biasanya diberikan oleh pengurus OSIS lama kepada calon pengurus OSIS baru, baik ditingkat SMP maupun ditingkat SMA” ujar Ahmad Fadhilah.

Senada dengan hal tersebut, Endrik juga menyampaikan hal yang sama.

“Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan bekal kepemimpinan kepada seluruh siswa anggota PMR. Harapanyya setelah selesai, siswa dapat belajar bertanggung jawab, bekerja sama, meredam emosi, dan bagaimana mementingkan kepentingan kelompok dari pada kepentingan sendiri. Dan yang paling penting bagaimana menjadi pribadi yang bermanfaat bagi orang lain” ujar Endrik.

Selain itu, para peserta juga diajari cara menyusun proposal kegiatan dengan benar dan sesuai kaidah yang berlaku. Hal ini dimaksudkan agar selain siswa terampil di lapangan, juga terampil dan tertib dalam beradministrasi.

Selama kegiatan berlangsung, peserta tampak sangat antusias dan mengikuti seluruh sesi dengan baik.

Kegiatan ditutup dengan presentasi makalah tentang kepemimpinan dari masing-masing kelompok dan diakhiri dengan doa bersama. (rofiq/bd)