Lembaga Donor Dari Jerman Bantu Madrasah

Banyumas – Keberhasilan sebuah lembaga ditentukan antara lain kreatifitas, Inovasi dan membuat jejaring (networking). Tiga hal tersebut mungkin telah dilakukan oleh MI Ma’arif NU 1 Pasir Wetan Kabupaten Banyumas. Pada tanggal 6 Oktober 2018 madrasah tersebut secara simbolis menerima bantuan sarana prasarana dari Kinderhilfe e.V sebuah lembaga donor yang bergerak dibidang pendidikan yang berpusat di Jerman.

Hendra Yulianto guru MI Ma’arif NU 1 Pasir Wetan, menyampaikan bahwa awalnya beberapa siswa di madrasah tersebut memperoleh program orang tua asuh, mereka meperoleh bantuan untuk biaya pendidikan. Komunikasi awal ini lah yang membuat madrasah membuat inisiatif untuk mengkomunikasikan kembali dengan pihak Kinderhilf Indonesia e.V bahwa madrasah membutuhkan peningkatan sarana prasarana.

pertama untuk sarana MCK untuk siswa dan berlanjut sampai diberi bantuan ruang kelas baru, ruang kepala, UKS, toilet, kantin, dapur, mebeler dan whiteboard,” terang guru kelas VI itu dengan penuh semangat.

Fauzi Ketua PC.Lembaga Pendidikan Banyumas menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada lembaga Kinderhilfe Indonesien e.V. karenan bekenan membantu madrasah di bawah naungan LP Ma’arif NU.

“Bantuan ini diharapkan dapat dikembangkan dengan kerja sama mutualisme secara berkelanjutan dengan berbagai program, termasuk dalam peningkatan mutu pembelajaran,” katanya. Saat madrasah sedang membutuhkan pengembangan sarana fisik, ada lembaga donor bidang pendidikan yang mau memberikan perhatiannya untuk kemajuan anak Indonesia, lanjutnya.

Dikesempatan lain Kepala Kantor Kemenag Kab. Banyumas Imam Hidayat mengapresiasi atas bantuan tersebut dan berharap untuk kerjasama bisa terus berlanjut dan di kembangkan ke madrasah lain yang membutuhkan. Kepada pihak Kinderhilf Indonesia diucapkan terima kasih yang sedalam dalamnya semoga dapat terus di lanjutkan dan di kembangkan ke madrasah madrasah lain. (mjb/bd)