Lembaga Pengembangan Tripitaka Gatha (LPTG) Jawa Tengah Resmi Terbentuk

Semarang (Buddha) – Bertempat di Ruang Teleconference Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, berlangsung rapat koordinasi pembentukan Lembaga Pengembangan Tripitaka Gatha (LPTG) Provinsi Jawa Tengah (Selasa, 4/7), acara ini di hadiri oleh 22 orang terdiri dari ketua Walubi Provinsi Jawa Tengah, Ketua-ketua DPD Majelis Agama Buddha di Wilayah Jawa Tengah, beserta seluruh pegawai Bimas Buddha Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah.

Dalam kesempatan ini Sutarso selaku pembimas Buddha menyampaikan arahan bahwa rapat ini dijadwalkan dengan dua agenda yakni agenda pembentukan pengurus LPTG Prov. Jawa Tengah yang akan bertindak sebagai pelaksana kegiatan nasional dan pembahasan teknis persiapan kegiatan Swayamvara Tripitaka Gatha (STG) Tingkat Nasional X Tahun 2017 yang akan dilaksanakan pada tanggal 1 s.d 5 November 2017 bertempat di Magelang Jawa Tengah.

Rapat koordinasi ini dimaksudkan sebagai persiapan menjelang dihelatnya event nasional STG X yang menempatkan Jawa Tengah sebagai tuan rumahnya dan sebagai tindak lanjut dari surat  edaran Direktur Urusan dan Pendidikan Agama Buddha Kementerian Agama RI nomor B-815/ DJ.VII/Dt.VII.1/BA.01.1/05/2017, tanggal 5 Mei 2017 tentang Petunjuk Teknis STG Tingkat Nasional X Tahun 2017, yang mana pada poin pokoknya merekomendasikan agar di bentuk Lembaga Pengembangan Tripitaka Gatha Provinsi Jawa Tengah dan pembentukan panitia pelaksana STG X.

“Agar dalam pelaksanaan event  STG tingkat Nasional X sesuai dengan arahan dari Dirjen Bimas Buddha Kementerian Agama RI, maka perlu dilakukan pembentukan LPTG Prov. Jawa Tengah sebagai kelanjutan dari pembentukan LPTG Nasional yang telah terbentuk dan disyahkan pengangkatannya oleh Menteri Agama RI,” ucap sutarso dihadapan peserta rapat, lebih jauh pembimas Buddha menegaskan bahwa pada pelaksanaannya nanti seluruh pengurus dari LPTG Prov. Jawa Tengah ini yang bertindak sebagai Organizing Committee (panitia pelaksana) pada saat pelaksanaan STG X Tahun 2017.

Dalam proses pemilihan pengurus LPTG Jawa Tengah dilaksanakan secara aklamasi dan mendaulat David Hermanjaya selaku Ketua Walubi Jawa Tengah sebagai ketua LPTG Prov. Jateng dan didukung dengan kepengurusan yang berasal dari seluruh ketua-ketua Majelis Agama Buddha di Jawa Tengah.

Setelah terpilih, ketua LPTG Jawa Tengah memberikan pernyataan karena Jawa Tengah sebagai Tuan Rumah penyelenggaraan even nasional STG X maka kita harus bercita-cita kontingen Jawa Tengah berpeluang menjadi juara umum.

“Ini saatnya kita seluruh majelis agama Buddha di Jawa Tengah tidak berdiri atas nama Majelis tetapi atas nama Umat Buddha Jawa Tengah turut berkontribusi yang terbaik guna mensukseskan kegiatan STG X dan menargetkan Jawa Tengah menjadi Juara Umum,

” ucap David Hermanjaya dalam sambutannya.

“Kita akan berikan kesuksesan pada even STG X ini sebagai kado istimewa bagi Bimas Buddha Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah” pungkasnya.