Lepas Calon Jemaah Haji Kendal, Ini Harapan Bupati

Kendal – Sebanyak 354 calon jemaah haji (CJH) asal Kabupaten Kendal yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 20 mengikuti acara pemberangkatan di Pendopo Kabupaten Kendal, Rabu (02/08) pagi yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Bambang Dwiyono mewakili Bupati Mirna Annisa.

Dalam sambutannya, Bupati Mirna berharap kepada CJH supaya mendoakan Kabupaten Kendal agar menjadi yang  maju, makmur dan sejahtera serta aman, jauh dari bencana dan musibah. “Bapak/ Ibu calon jemaah haji agar senantiasa mendoakan daerah Kabupaten Kendal menjadi daerah yang  lebih maju dan lebih makmur dan sejahtera,” pinta Bupati.

Selain itu, Mirna juga berpesan agar para jemaah haji menjaga kondisi fisik dan mental karena lingkungan dan cuaca yang sangat berbeda antara Arab Saudi dengan Indonesia. “Apabila ada suatu hal yang dirasa mengangangu kesehatan agar dikoordinasikan dengan para medis dan tim pendamping haji,” pesan Mirna.

Selanjutnya, 354 jemaah yang terbagi dalam 8 rombongan bus itu dilepas oleh Sekda Bambang Dwi menuju Asrama Haji Donohudan Boyolali, “Dengan mengucap Bismillah, kami lepas rombongan haji kloter 20 Kabupaten Kendal,” ujarnya sembari mengibarkan bendera start.

Sementara itu, Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Kabupaten Kendal, Sumari menuturkan, dari total 355 calon haji asal kabupaten Kendal hanya satu calon haji yang batal berangkat.

“Calon haji tersebut asalnya dari Batang, namun menginduk ke kabupaten Kendal. Ia batal berangkat karena menderita sakit TB, sehingga ia tidak diberangkatkan,” paparnya.

Ia menjelaskan sesuai dengan Peraturan Kementerian Kesehatan No 15 Tahun 2016 tentang Istithaah Kesehatan Jemaah Haji Indonesia, calon haji tersebut dinyatakan tidak mampu untuk melaksanakan ibadah haji. (ja/gt)