Lintas Sektoral Siap Sukseskan Pencanangan Desa Sadar Kerukunan

Rembang – Pemerintah Kabupaten Rembang bersama dinas terkait siap menyukseskan pencanangan Desa Sadar Kerukunan di Kabupaten Rembang, yaitu Desa Soditan, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang.

Hal itu mengemuka dalam rapat koordinas persiapan pencanangan Desa Sadar Kerukunan yang diadakan pada Kamis (9/9/2021) di aula Kemenag Rembang. Hadir pada rapat ini, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Kabupaten Rembang, Atho’illah, Kakankemenag Kabupaten Rembang, M. Fatah, Plt Kepala Kesbangpolinmas Kabupaten Rembang, Harjono, bagian protokol Setda Rembang, pihak Desa Soditan, dan undangan lainnya.

Atho’illah memohon partisipasi dan sinergitas semua pihak untuk menyukseskan pencanangan Desa Kerukunan ini yang rencananya akan dilaksanakan pada Rabu, 15 September 2021 di Balai Desa Soditan, Kecamatan Lasem.

Sementara Fatah mengatakan, desa Soditan mempunyai keunikan kerukunan antar umat beragama yang sudah ratusan tahun terbentuk. Oleh karena itu, pencanangan desa Sadar Kerukunan ini sangat tepat dilokasikan di Desa Soditan.

Harjono mendukung rencana pencanangan ini. Ia mengapresiasi Kementerian Agama yang sudah memprogramkan Desa Sadar Kerukunan ini. “Semoga Desa Soditan mampu menjadi contoh desa-desa lain di Rembang untuk membangun kerukunan antar umat beragama,” katanya.

Handi, bagian protokol Setda Rembang mengatakan, pihaknya siap menyukseskan pencanangan Desa Sadar Kerukunan ini. “Kami siap mendukung acara ini. Tentunya kami mohon partisipasinya untuk menyelenggarakan acara dengan protokol kesehatan yang ketat, utamanya jumlah peserta,” ujarnya.– iq