Lomba Bento Meriahkan Acara Milad Ke-26 MTs N 4 Banjarnegara

Banjarnegara – Siswa-siswi MTs N 4 Banjarnegara dari kelas 7, 8, hingga kelas 9 mengikuti lomba menghias bekal makanan ala Bento  pada Kamis, (25/11) bertempat di aula MTsN 4 Banjarnegara. Lomba diadakan dalam rangka memeriahkan Milad ke-26 MTsN 4 Banjarnegara.

“Lomba menghias bento ini untuk meramaikan acara ulang tahun madrasah sekaligus menggali bakat kreativitas anak-anak,” ujar Sapto Budihastuti selaku ketua panitia lomba.

Menurut Sapto Bento atau o-bento adalah istilah bahasa Jepang untuk makanan bekal berupa nasi berikut lauk-pauk dalam kemasan praktis yang bisa dibawa-bawa dan dimakan di tempat lain. “Seperti halnya nasi bungkus, bento bisa dimakan sebagai makan siang, makan malam, atau bekal piknik,” jelasnya   

Dalam lomba bento tersebut, siswa bebas berkreasi menghias bekal makanan berupa nasi dengan lauk-pauknya. Bento dihias dari rumah masing-masing, dan diletakkan dalam tempat bekal makanan. Bento-bento kreasi para siswa lalu ditata dalam meja-meja pajangan untuk dinilai oleh para juri. Adapun juri dalam lomba bento tersebut adalah para guru MTsN 4 Banjarnegara yang bukan merupakan wali kelas.

Hasil penjurian pada lomba bento menghasilkan enam pemenang dengan kreasi terbaik dan terunik yaitu juara 1 Winggi Aurella Sahasika dari kelas 8A, juara 2 Prastika Isma Dewi, kelas 9C, juara 3 Nadiya Efa Dwinaela, kelas 8B. Adapun juara harapan 1 adalah Rizqika Anggraeni kelas 7A, harapan 2 Hasta Zalfa Nuraini kelas 9C, dan harapan 3 Djamar Djati Purnomosidi kelas 8C.

Hadiah berupa uang diberikan oleh Sarif Hikmayanto, Waka Kesiswaan MTsN 4 Banjarnegara kepada para pemenang lomba.

Acara lomba berjalan tertib dan lancar, para siswa menyambut baik dan merasa senang serta puas dengan diadakannya lomba tersebut. Usai lomba, siswa bersama-sama dalam aula menyantap bento-bento karya mereka.

“Senang sekali ikut lomba menghias nasi bento dan puas, apalagi dapat juara satu,” ujar Winggi Aurela , pemenang lomba, saat ditanya kesan-kesannya. (khm/ak/rf)