Lomba IGRA Gali Potensi Anak dan Kreativitas Guru

Karanganyar – Menyongsong Hari Amal Bakti Kementerian Agama ke-73 dan Hari Ulang Tahun Ikatan Guru Raudlatul Athfal (IGRA) ke-16, Pengurus IGRA menyelenggarakan lomba bagi anak dan guru RA. Kegiatan yang dilaksanakan di halaman kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar ini diikuti 79 RA se Kabupaten Karanganyar, (04/12).

Pembukaan Lomba IGRA ini dihadiri langsung oleh Kepala Kankemenag Kabupaten Karanganyar, Ahmad Nasirin, Kasubbag TU Wiharso, Kasi Pendidikan Madrasah Siti Muzayanah serta Pengawas IGRA Nur Janah dan Ketua IGRA Karanganyar.

Dalam laporannya, Ketua IGRA Karanganyar, Sukiyah mengatakan bahwa ada dua kategori lomba untuk memeriahkan HAB Kemenag dan HUT IGRA, yaitu lomba untuk anak RA dan Guru RA. Sukiyah menuturkan bahwa ada ratusan peserta dari 17 Kecamatan di Kabupaten Karanganyar yang mengikuti lomba IGRA tersebut.

“Lomba IGRA diikuti baik anak maupun Guru RA sejumlah 401 peserta dari 17 Kecamatan yang ada di Kabupaten Karanganyar. Tujuannya adalah agar dapat menggali potensi anak dan meningkatkan kreativitas Guru RA yang ada di Kabupaten Karanganyar,” Ujar Sukiyah.

Lima jenis lomba yang diikuti anak dan Guru RA adalah lomba senam islami yang diperuntukkan bagi Guru RA, lomba hafalan surat pendek putra dan putri, lomba menyusun geometri dan lomba sholat berjamaah bagi anak RA.

Dikesempatan berbeda, Ketua IGRA mengakui bahwa tidaklah mudah menjadi seorang duru RA atau PAUD karena disini para guru dituntut harus sabar dan selalu berinovasi untuk memberikan ilmu.

“Untuk membentuk pola fikir dan tingkah laku yang baik itu harus atraktif terus menerus dan disesuaikan dengan umur anak agar anak tidak mudah stres di kemudian hari.” jelasnya kepada Tim Humas Kemenag. (ida-hd/Wul)