Lomba Karya Tulis Ilmiah Bagi Penghulu dan Pegawai KUA

Temanggung – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung yang diwakili oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Rabu (29/06) membuka secara resmi Lomba Karya Tulis Ilmiah (KTI) Penghulu di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung. Acara ini diikuti oleh 11 orang penghulu atau Pegawai KUA Kecamatan.

Selain metodologi dan substansi penulisan KTI, hal lain yang juga menjadi penilaian dalam lomba kali ini adalah presentasi KTI, serta attitude dari para peserta lomba. Lomba ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan, kompetensi, profesionalisme, dan akuntabilitas layanan para penghulu khususnya di Kabupaten Temanggung, mengingat KUA merupakan perpanjangan tangan dari Kementerian Agama dalam hal pelayanan kepada masyarakat di bidang agama yang indikator keberhasilannya tercermin dari indeks kepuasan masyarakat terhadap kinerja/pelayanan prima yang dapat diberikan oleh penghulu pada masing-masing KUA.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, Ahmad Sugijarto mengharapkan melalui lomba ini para penghulu dapat meningkatkan kemampuan dalam melaksanakan tugas kepenghuluannya dan kemampuannya sebagai petugas yang bertanggung jawab dalam mengembangkan visi dan misi Kementerian Agama. Penulisan karya ilmiah ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pengertian keluarga sakinah mawadah wa rahmah, untuk mengetahui peran KUA dalam menciptakan keluarga yang sakinah, mawadah wa rahmah, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat terciptanya keluarga yang sakinah mawadah wa rahmah.

Diharapkan melalui karya ilmiah ini lahir teori-teori tentang upaya penciptaan keluarga sakinah mawadah wa rahmah melalui peran KUA. Karya ilmiah ini secara teoritis juga diharap bisa menambah pemikiran di bidang pernikahan dan kekeluargaan. “Manfaat praktis, melalui karya ilmiah ini secara praktis diharapkan bisa menjadi rujukan bagi calon pengantin dan pegawai di KUA dalam upaya menciptakan keluarga yang sakinah mawadah wa rahmah,” harap Ahmad Sugijarto.

Pemilihan Karya Tulis Penghulu / Pegawai KUA Kecamatan se-Kabupaten Temanggung tahun 2016 dengan hasil rangking sbb : Achmad Edy Maskuri, S.Ag jabatan Penghulu Muda tempat tugas KUA Kecamatan Parakan (Rangking Pertama) , Mad Syafii, S.Ag jabatan Kepala KUA Kecamatan Tretep (Rangking Kedua), Edy Mansur jabatan Fungsional Umum Pengolah Data pada KUA Kecamatan Kandangan (Rangking Ketiga).

Bagi Peserta yang mendapatkan rangking pertama sampai ketiga berhak mendapatkan uang pembinaan dari anggaran DIPA Seksi Bimas Islam kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung. (sur/gt)