Lomba Resensi Buku Tingkatkan Budaya Baca Tulis

Purbalingga – Dalam rangka meningkatkan minat membaca dan mengembangkan ketrampilan menulis serta memperluas wawasan pemustaka, Perpustakaan Daarul ‘Ulum MTs Negeri 2 Purbalingga menggelar Lomba Penulisan Resensi Buku. Lomba yang digelar 30 Oktober s.d. 3 Nopember 2018 tersebut diikuti 22 peserta. Hal tersebut disampaikan Kepala MTs Negeri 2 Purbalingga, Siti Mudrikah  di ruang kerjanya, Sabtu (03/11).

“Lomba diikuti oleh perwakilan dari setiap kelas. Peserta dari setiap kelas berjumlah 1 orang merupakan hasil seleksi yang dilakukan oleh Wali Kelas bersama dengan Guru Bidang Studi Bahasa Indonesia. Sesuai dengan jumlah Rombongan Belajar di madrasah kami, maka pesertanya hanya 22 siswa,” ungkap Mudrikah.

Kepala Perpustakaan Daarul ‘Ulum, Siti Khotijah menjelaskan, juri lomba terdiri dari 2 orang yang merupakan guru Bahasa Indonesia. Sedangkan proses penulisan resensi dimulai dari pembagian buku melalui proses undian.

“22 judul buku yang dilombakan diundi pada hari pertama, kemudian peserta mendapat tugas untuk membaca buku tersebut. Pada tanggal 3 Nopember proses penulisan resensi dilakukan secara bersama-sama di ruang Laboratorium Komputer,” jelasnya.

Ditambahkan, ketentuan penulisan resensi meliputi : penulisan menggunakan Bahasa Indonesia sesuai Ejaan Yang Disempurnakan (EYD), mencantumkan identitas buku (judul, pengarang, kota terbit, penerbit, tahun terbit, jumlah halaman dan identitas lainnya) dan identitas diri. Sedangkan kriteria penilaian meliputi: teknik penulisan, bahasa, isi dan presentasi.

“Kegiatan ini merupakan yang pertama dan insyaallah  program  ke depan akan kami tingkatkan untuk mengembangkan perpustakaan madrasah kami. Karena alhamdulillah perpustakaan Daarul ‘Ulum MTs Negeri 2 Purbalingga ini mulai mengalami kemajuan. Dan di tingkat Kabupaten Purbalingga sudah mendapat nominasi 6 besar dalam lomba pengelolaan perpustakaan,” pungkasnya.

Dari hasil penilaian Juri diperoleh beberapa penulis resensi buku terbaik. Juara 1 diraih Awali Kodratun Nisa  (IX G) dengan nilai  270,  Juara  2  Yulia Mayrista (IX D) dengan nilai  250 dan Juara  3  diraih Muhammad Ahlunnajah  (VII  H) dengan  nilai  230. (sar/gt)