Lomba Sekolah Sehat Ciptakan Karakter Hidup Bersih dan Sehat

Kudus –  Lomba Sekolah Sehat (LSS) SD/MI  merupakan agenda program UKS  yang dilaksanakan setiap tahun  yang diselenggarakan oleh 4 ( empat) dinas terkait yaitu Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan , Kementerian Agama dan Pemerintah Daerah dalam hal ini adalah bidang Kesra yang tergabung dalam TIM Pembina Usaha Kesehatan Sekolah (TP-UKS) Kabupaten Kudus.

Penilaian dilakukan oleh Tim dari Dinas terkait diantaranya Suwarni dari Dinkes, Wagiman Sutrisno dari Disdikpora , Ferry Ferdiansyah dari Kemenag dan  Agus Supriyadi dari Kesra.

Sedangkan aspek penilaian meliputi kebersihan dan kerapian lingkungan sekolah /madrasah yang terdiri dari ruang kepala sekolah  guru dan ruang belajar siswa. Perpustakaan, UKS , tempat ibadah , sanitasi dan Sarpras secara keseluruhan.

Pelaksanaan LSS SD/MI tahun 2018  dilaksanakan selama 5 hari   perwakilan SD/MI  di 9 Kecamatan  yaitu pada tanggal 1 Agustus 2018 dilaksanakan di MI Muhammadiyah Kecamatan Bae dan di SD 5 Kandangmas  Kecamatan Dawe. Tanggal 2 Agustus 2018 dilaksananakan di  SD 1 Karangmalang Kecamatan Gebog dan  di MI Khuriyatul Fikri Kecamatan Jati. Tanggal 3 Agustus 2018 dilaksanakan di  SD 3 Terban Kecamatan Jekulo. Tanggal 4 Agustus 2018 dlaksanakan di SD 2 Klisat Mijen Kecamatan Kaliwungu dan di MI Muhammadiyah 2 Kecamatan Kota. Tanggal 7 Agustus 2018 dlaksanakan di SD 3 Mejobo Kecamatan Mejobo dan di SD 1 Larik Rejo Kecamatan Undaan.

Dalam sambutanya  Ketua Tim Lomba LSS Kabupaten Kudus Wagiman Sutrisno saat mengadakan penilain   lomba   di MI Muhammadiyah 2 Kudus, 4/8  mengatakan bahwa  lomba sekolah sehat merupakan upaya memmotivasi sekolah sekaligus penguatan Usaha Kesehatan Sekolah di masing masing penyelenggara pendidikan. Disamping itu dengan adanya Lomba Sekolah Sehat (LSS) dapat menciptakan Karakter hidup bersih dan sehat bagi peserta didik.

Selesai acara pembukaan  Tim lomba LSS  yang diketuan oleh Wagiman Sutrisno   menuju lokasi   penilaian sesuai  dengan tugas masing masing.  (St.Zul-wwk/bd)