Loyalitas dan Komitmen ASN Sebagai Abdi Negara

Surakarta – Tidak seperti hari-hari biasanya, pagi ini, Senin (1/10) pelaksanaan apel pagi para Apartur Sipil Negara (ASN) Kantor Kementarian Agama Kota Surakarta berlangsung istimewa. Hal ini terjadi pasalnya  Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Farhani, bertindak sebagai pembinaan Apel. Selain sebagai pembina apel pagi ini, Kakanwil juga melakukan serangkaian kegiatan atau kunjungan kerja di lingkungan Kemenag Kota Surakarta.

Dalam pembinaannya, Farhani mengatakan bahwa apel pagi merupakan bentuk loyalitas dan komitmen para ASN sebagai abdi Negara sebelum memulai aktivitasnya melayani masyarakat.

“Apel  rutin setiap pagi ini merupakan salah satu indikator kinerja terkait jam masuk dan pulang kantor tepat waktu bagi seluruh ASN Kementerian Agama, tak terkecuali Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta”, jelas Farhani.

Bukan rahasia lagi, Kakanwil memiliki perhatian yang sangat tinggi dan detil kepada seluruh aparaturnya. Disela-sela kesibukan dan kepadatan jadwalnya, Kakanwil selalu menyempatkan untuk melakukan kunjungan kerja ke daerah-daerah di lingkungan Kanwil Kemenag Prov. Jateng.

“Disiplin tersebut wajib kita tekankan pada diri pribadi masing-masing sambungnya karena pemerintah telah memberikan perhatian dan kepedulian yang cukup bagi kita dalam kesejahteraan”, jelas Farhani.

“Hingga saat ini, tunjangan kinerja yang telah kita terima sudah mencapai 60 persen, mekipun jika dibandingkan dengan instansi lain ada yang telah menerima tunjangan kinerja lebih banyak,  namun kita patut bersyukur dengan capaian kinerja dan tunjangan yang diberikan pemerintah kepada Kemenag”, lanjut Kakanwil.

Menurut Farhani, perhatian pemerintah kepada ASN Kemenag sudah baik. Peningkatan kesejahteraan melalui pemberian Tunjangan Kinerja sudah seharusnya disyukuri dengan komitmen dan peningkatan kinerja yang baik.

“Sudah sewajarnyalah ketika kesejahteraan ditingkatkan seiring dengan  komitmen bersama dan rasa syukur harus ditingkatkan pula melalui bekerja dengan baik pula”, pungkas Farhani. (rma_abc/bd)