Lutfiah Nur Rochmah : Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru

Tegal-Dalam rangka meningkatkan profesionalitas seorang guru, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP)  menggelar Workshop Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui bantuan dari Prestasi Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB) Provinsi Jawa Tengah Tahun 2018, hal tersebut sesuai yang dikatakan seorang Pengawas Madrasah, Lutfiah Nur Rohmah pada Jum’at (09/11) di Ruang Pengawas Kantor Kementerian Agama Kota Tegal.

Dalam kesempatan tersebut, Lutfiah menjelaskan, Workshop Penelitian Tindakan Kelas (PTK) tersebut dilaksanakan mulai tanggal 6 sampai 10 November 2018, dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tegal, Akhmad Farkhan pada 6 November 2018.

Workshop PTK tersebut merupakan suatu keharusan dan kebutuhan yang sangat penting bagi tenaga pendidik dalam rangka meningkatkan profesional seorang guru. Salah satunya bertujuan untuk melatih dan membuat guru menjadi peka dan cepat tanggap terhadap dinamika pembelajaran diruang kelasnya.

Selain  itu, dengan diadakan workshop PTK, guru juga diharapkan mampu memperbaiki dan meningkatkan kualitas dan kuantitas proses pembelajaran yang terjadi di dalam kelasnya,” harap Lutfiah saat memberikan penjelasan.

Berdasar arti pentingnya PTK, maka kedepan semua guru diusahakan mampu mempraktekan pembelajaran secara berkesinambungan, juga mampu mengembangkan ketrampilan efeseiensi pengelolaan instruksional, serta dengan melakukan kegiatan PTK, maka para guru telah melaksanakan salah satu tugasnya, yaitu kegiatan pengembangan profesi,”pungkas Lutfiah. (IM/rf)