MA Darul Muttaqin Dan MA Al Mukmin Laksanakan Uji Coba Try Out UNBK

Temanggung – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang sudah mulai di sosialisasikan oleh pemerintah satu tahun belakangan ini, sudah diterapkan dibeberapa sekolah di Temanggung. Hal tersebut selain dapat mempermudah dan mempercepat proses Ujian Nasioanal secara keseluruhan, UNBK diharapkan dapat mencegah kecurangan yang bisa terjadi dalam Ujian Nasioanal.

Dalam rangka untuk mempersiapkan para peserta didiknya menghadapi UNBK, MA Darul Muttaqin dan MA AL Mukmin pada hari Senin-Selasa (27/2) menyelenggarakan persiapan uji coba (try out) menggunakan UNBK/ Computer Based Test (CBT) untuk seluruh mata pelajaran yang akan diujikan saat UN nanti. Kegiatan try out diselenggarakan di laboratorium komputer.

“Uji coba (try out) yang diselenggarakan ditujukan untuk memberikan latihan kepada para siswa kelas XII dalam mengerjakan soal-soal Ujian Nasional, selain itu dapat mereka manfaatkan untuk membiasakan diri dengan pengerjaan soal UN yang menggunakan sistem baru ini UNBK,” terang Edi Oreanto selaku Pengawas MA.

Pelaksanaan try out sudah menjadi kegiatan rutin dalam mempersiapkan para peserta didik untuk menghadapi Ujian Nasional, tapi baru satu tahun ini MA Darul Muttaqin dan MA AL Mukmin menggunakan sistem UNBK dalam pelaksanaan uji coba. Rencananya MA Darul Muttaqin dan MA AL Mukmin akan melaksanakan ujian nasional tahun ini dengan menggunakan komputer, oleh karenanya para peserta didik kelas XII harus dibiasakan dengan menggunakan sistem UNBK.

Lebih lanjut Edi Oreanto  mengatakan, untuk mengakses latihan try out UNBK, para siswa tidak harus selalu menunggu kegiatan try out yang diselenggarakan oleh pihak sekolah, karena sekarang ini sudah tersedia sistem yang memungkinkan bagi siswa untuk mengakses sendiri latihan UNBK melalui smartphone, tab, dan laptop dengan hanya mengisi ID dan password yang sudah disediakan oleh pihak sekolah.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan peserta didik dengan sistem yang akan digunakan dalam Ujian Nasional nanti. Sistem ini merupakan salah satu solusi untuk mengurangi “kegalauan” peserta didik pada UNBK, karena sistem ini sudah pasti mengenalkan mereka tentang bagaimana cara menjalankan komputer di Ujian Nasional nanti, pungkasnya.(sur/Af)