Pembekalan Matsama MA Maarif Bawang

MA Ma’arif Bawang Adakan Masa Taaruf Siswa

Banjarnegara Rabu, (23/6) bertempat di MA Ma’arif Bawang, sebanyak 51 (lima puluh satu) calon peserta didik baru mengikuti kegiatan pembekalan Matsama (Masa Ta’aruf Siswa Madasah) untuk Tahun Pelajaran 2021/2022. Matsama merupakan kegiatan pengenalan lingkungan madrasah/sekolah pada awal tahun ajaran baru di tingkat MI, MTs, dan MA. Kegiatan Matsama sebelumnya lebih dikenal dengan MOS (Masa Orientasi Siswa) MOPD (Masa Orientasi Peserta Didik) MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah).

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Matsama pada tahun ini, Indonesia masih belum terbebas dari pandemi Covid-19 sehingga pola pelaksanaan Matsama pun harus mengalami beberapa penyesuaian mengikuti standar protokol kesehatan di madrasah yang sudah ditetapkan pemerintah.

“Pelaksanaan Matsama kali ini, tidak melibatkan kakak kelas dan alumni. Dan juga materi yang disampaikan berupa materi umum seperti sejarah, tata tertib, struktur, tenaga, dan tenaga kependidikan, peserta didik, jurusan, kegiatan belajar mengajar kegiatan dan organisasi kesiswaan, prestasi dan alumni madrasah,” Ungkap Sarif Hidayah selaku Wakil Kepala Bidang Kesiswaan.

Lebih lanjut beliau menjelaskan mengenai tujuan pelaksanaan Masa Taaruf Siswa Madrasah (Matsama) antara lain: (1) Mengenali potensi diri siswa baru; (2) Mengenalkan lingkungan madrasah kepada siswa baru; (3) Mendorong siswa untuk bersikap proaktif dalam mengenali seluruh civitas, sehingga timbul perasaan lebih aman dan nyaman dan tercipta rasa persaudaraan; (4) Mendorong siswa untuk memulai kebiasaan belajar bersama, berkelompok melalui diskusi; (5) Memotivasi siswa agar merasa bangga terhadap madrasah yang dipilihnya sehingga dapat memahami dan melaksanakan aturan-aturan madrasah yang baru dengan baik; (6) Menyadari akan pentingnya menjaga nama baik dan memberikan kontribusi yang positif baik secara internal maupun eksternal terhadap almamater; (7) Memberikan kesan positif dan menyenangkan kepada siswa baru tentang lingkungan madrasahnya yang baru;

Syarif menambahkan bahwa kegiagtanMatsama adalah kegiatan yang sifatnya wajib dilaksanakan di setiap madrasah sebagai sarana untuk mengenal secara mendalam tentang madrasah.

“Kegiatan ini sama sekali bukan kegiatan yang bersifat militer jadi pada saat pelaksaanaan Matsama seluruh calon siswa baru tidak perlu merasa takut yang penting selalu patuhi tata tertib madrsah dan mematuhi protocol kesehatan,” jelasnya.

Lebih lanjut beliau menyampaikan semoga melalui kegiatan inilah dapat menjadi  langkah awal dalam menentukan keberhasilan seluruh proses pembelajaran di madrasah tercinta ini bagi seluruh peseta didik baru di MA Marif Bawang. (Dia/Wul/ak/rf)