MA Maarif Borobudur Borong Piala pada PORSEMA Kab. Magelang

Magelang – MA Maarif Borobudur berhasil menorehkan prestasi gemilang pada Pekan Olahraga dan Seni Maarif (PORSEMA) dan Olimpade Sains dan Ke-NU-an (OSKANU) Tahun 2017 Tingkat Kabupaten Magelang yang diselenggarakan di Lapangan Prangkoan, Pasuruhan Mertoyudan, Rabu dan Kamis, 22 s.d. 23 Februari 2017.

Pada kegiatan tersebut siswa siswi MA Maarif Borobudur berhasil memperoleh 12 piala kejuaraan, yaitu Juara 1 LKIR IPS (Muhammad Mudrik, Siti Khasanah, Istikomah), Juara 1 LCC Ke-NU-an (M. Arju, Khalimatus Sa’diyah, Dhea Zulia Rizki), Juara 1 Mading (Masrokhatul Umma, Siti Nur Khanifah, Puji Rahayu), Juara 1 Reportase (Dita Inawati), serta Juara 1 Lari 5 Km (Tasrikhuna Shasta Aslam).

MA Maarif Borobudur juga meraih Juara 2 Kaligrafi (Hibati Wafiroh), Juara 2 MTQ (M. Muamaar Musodik), Juara 2 Bola Volley (Khusnul Musyarifah dkk), Juara 3 Takraw (Miftakhul Zain, dkk), Juara 3 Qosidah Karaoke (Lia Tri Busana), Juara 3 LKIR IPA (Auliya Nur Afniyanti, Muyasyarotul Minnah, Sinta Nuriyah), dan Juara 3 Lari Sprint (Tita Wardiyanti).  

Kepala MA Maarif Borobudur Muhammad Ahsan menyampaikan bahwa prestasi yang diraih madrasah yang dipimpinnya naik signifikan dibandingkan prestasi yang diraih pada kegiatan serupa di tahun 2015.

“Dalam PORSEMA tahun ini ada peningkatan yang signifikan dibanding 2 tahun yang lalu. Dalam ajang dua tahunan antar sekolah/madrasah Maarif tersebut, pada 2015 MA Maarif Borobudur hanya memperoleh 10 piala dan yang juara 1 hanya dapat 2 cabang lomba. Pada tahun 2017 ini kami meraih 12 piala dengan predikat Juara 1 dalam 5 cabang lomba.” katanya.

Muhammad Ahsan berpendapat bahwa setiap anak bisa menjadi juara, sehingga peran para guru di madrasah untuk melejitkan potensi dan kemampuan mereka sangat penting.

“Siswa-siswa kami yang kebanyakan dari golongan miskin, dan bukan dari NEM tinggi, yang hanya pas-pasan saja. Ternyata setelah diasah dan dimunculkan semangatnya oleh para guru, hasilnya luar biasa.” kata Ahsan.

Lebih lanjut Ahsan optimis dengan prestasi yang diraih madrasahnya sehingga bisa mengangkat MA Maarif Borobudur di tengah masyarakat. Jajaran akademik MA Maarif Borobudur senantiasa terus berupaya untuk meningkatkan prestasi anak didiknya sebagai wujud pertanggungjawaban moral kepada masyarakat sekaligus memberikan sumbangsih pembangunan generasi bangsa yang berkualitas.

Wakil Kepala Bidang Kesiswaan Endah Sutanti menambahkan bahwa banyak orang tua yang mengucapkan terima kasih karena anaknya bisa berprestasi di MA Maarif Borobudur.

“Banyak orang tua siswa yang datang ke madrasah hanya untuk mengucapkan terima kasih karena anaknya yang dulu bukan siapa-siapa di antara teman-temannya semasa SMP, setelah dilatih di sini, ternyata mereka jadi melejit melebihi teman-temannya di SMP/MTs.” kata Endah Sutanti. (muslih/m45k/Af)