Madrasah Diminta Tingkatkan Prestasi Olahraga

Rembang – Madrasah diminta untuk mencetak bibit atlet olahraga yang berprestasi. Pemerintah telah memfasilitasi bakat siswa dengan menyelenggarakan berbagai program, antara lain Pekan Olahraga Daerah (Popda) yang diselenggarakanoleh pemerintah Kabupaten Rembang beberapa hari kemarin.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang, Jasim ketika ditemui Jum’at pagi (17/3). “Beberapa hari lalu, yaitu 13-14 Maret telah diselenggarakan Popda. Kami bersyukur karena banyak peserta dari madrasah yang mendapatkan kejuaraan,” kata Jasim.

Jasim mendorong madrasah untuk terus mengasah bakat siswa di bidang olahraga. Menurut dia, bakat tersebut sudah ada, hanya perlu mengasahnya. Sehingga diharapkan berprestasi bukan saja di daerah, namun hingga tingkat nasional.

Dalam perhelatan Popda Rembang kemarin, puluhan siswa dari madrasah berhasil mengantongi belasan kejuaraan. MAN Lasem berhasil membawa pulang lima medali Emas, lima  Perak, dan 1 Perunggu. Kelima cabang lomba juara I tersebut yaitu lompat tinggi Putra, lari 200 m putra, Tenis meja putra, Pencak silat kelas C Putri, dan Pencak silat kelas G Putri.

Sementara lima medali perak diboyong pulang pada cabang lomba  Tenis meja Putri, karate Putri, kumite, pencak silat kelas D Putri,  Karate Putra kumite. Adapun medali perunggu diraih pada cabang lomba Karate Putri kumite.

Di tingkat menengah ke atas, MTsN Sale tak kalah bersaing dengan peserta dari SMP lain. Dengan penampilan yang maksimal, empat peserta berhasil mengantongi empat kejuaraan, yaitu Juara I lomba lari 400 meter putri, juara II lomba lari 400 m putra, juara III bulu tangkis putra, dan juara III tenis meja putra.

Kepala MAN Lasem, Shofi mengatakan tengah mempersiapkan atlet untuk bertanding di Popda tingkat Karisedenan Pati. “Kami telah mengagendakan latihan secara intens untuk para peserta. Semoga bisa berprestasi tak hanya di Karisidenan, tapi di tingkat yang lebih tinggi. Ini sebagai bentuk usaha kita untuk meningkatkan citra diri di masyarakat,” ujarnya.

Popda ini diikuti oleh siswa tingkat SD/MI hingga SMA/MA. Sejumlah lokasi yang digunakan untuk penyelenggaraan antara lain Tenis meja gedung PPP, Stadion sepakbola, Pendopo Museum Kartini, dan SMP 2 Rembang. (ss/bd)