Madrasah Dominasi Perolehan Barung Tergiat

Purbalingga – Slogan Madrasah Lebih Baik dan Lebih Baik Madrasah kembali bergelora di wilayah Kecamatan Bukateja. 7 Madrasah Ibtidaiyah di kecamatan tersebut berhasil merebut kejuaraan pada kegiatan Pesta Siaga Tingkat Kwartir Ranting Kecamatan Bukateja Tahun 2018 yang digelar sehari di lapangan Desa Majasari, Sabtu (03/02).

Ketua Kelompok Kerja Kepala Madrasah Ibtidaiyah (K3MI) Kecamatan Bukateja yang juga Kamabigus MI Ma’arif NU 02 Karanggedang, Edi Riyanto menjelaskan bahwa kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Bukateja yang berjumlah 16.

“Peserta dari MI sejumlah 320 siswa karena ada 16 MI dan setiap Gugus Depan harus mengirimkan 1 Barung Siaga baik Gudep Siaga Putra maupun Gudep Siaga Putri. Tiap Barung terdiri dari 10 andik,” jelasnya.

Terkait dengan hasil kegiatan, Edi Riyanto menjelaskan bahwa dalam kegiatan Pesta Siaga Tahun 2018 ini, Madrasah Ibtidaiyah berhasil mendominasi kejuaraan.

“Untuk Barung Putra, Tergiat I  MI Negeri 3 Purbalingga sedangkan Tergiat II  MI Ma’arif NU 02 Karanggedang. Sedangkan MI Ma’arif NU 02 Cipawon menempati posisi Tergiat Harapan III. Pada kelompok Putri, Tergiat I MI Negeri 3 Purbalingga, Tergiat II MI Ma’arif NU Karanggedang, Tergiat III MI Ma’arif NU Kutawis, dan Tergiat Harapan I MI Muhammadiyah Kebutuh,” jelasnya.

Ia menambahkan bahwa prestasi madrasah kali ini terbilang luar biasa karena 2 posisi teratas baik kelompok  putra maupun putri keduanya diraih MIN 3 Purbalingga dan MI Ma’arif NU 02 Karanggedang secara berurutan. Barung Putra dan Barung Putri dari kedua madrasah ibtidaiyah ini akan menjadi Duta Kwarran dalam Pesta Siaga Tingkat Kwarcab Purbalingga yang direncanakan akan dilangsungkan pada tanggal 24 Pebruari 2018.

Menanggapi kesuksesan madrasahnya meraih prestasi terbaik putra-putri dalam ajang bergengsi tahunan tersebut Plt. Kepala MI Negeri 3 Purbalingga,  Sugeng Riyadi merasa sangat berbahagia dan bangga. Ia mengapresiasi keuletan, kegigihan dan kesabaran guru-gurunya dalam melatih para  siswa.

“Saya berbahagia sekaligus bangga atas prestasi anak didik kita. Saya siap mendukung sepenuhnya persiapan laga di tingkat Kwarcab Purbalingga, dengan bersama-sama, sakyeg saekoproyo atau satu gerak, satu kesatuan, berusaha bersama untuk meraih prestasi  tidak hanya di tingkat Kwarcab, akan tetapi bisa meraih sukses sampai di tingkat wilayah,” ungkapnya bersemangat. (sar/gt)