Madrasah Memiliki Konsep Kurikulum yang Aplikatif dan Mengakomodir Kearifan Lokal

Temanggung – Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung selenggarakan kegiatan  Sosialisasi Pengembangan Kurikulum Madrasah di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung Tahun Anggaran 2019, Senin (08/04).  

Kegiatan Sosialisasi Pengembangan Kurikulum Madrasah di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung Tahun Anggaran 2019 ini dengan peserta Wakil Kepala Kurikulum MI, MTs dan MA, yang berjumlah 49 peserta terdiri dari Wakil Kepala Kurikulum MI, MTs dan MA  bertempat di Rumah Makan Omah Kebon Temanggung.

Kepala Kantor Kementerian Agama kabupaten Temanggung Saefudin menyampaikan, kegiatan ini agar para Kepala Madrasah mampu melakukan inovasi pengembangan kurikulum melalui integrasi antara kurikulum Nasional dengan Kearifan lokal tempat dimana Madrasah itu berdiri.

“Konsep Integrasi kurikulum tersebut tidak akan pernah bermakna apa-apa kalau tidak dilaksanakan secara professional, “ ujarnya.

Saefudin berharap, Madrasah memiliki konsep kurikulum yang aplikatif dan mengakomodir kearifan lokal, sehingga konsep link and math terpenuhi.

Selanjutnya  Kepala Kementerian Agama Kabupaten Temanggung mengatakan, Kegiatan Sosialisasi Pengembangan kurikulum ini merupakan sungguh sangat penting. Oleh karena itu, Guru Madrasah lebih ditingkatkan lagi kualitasnya dan menambah wawasannya untuk menjadi guru yang profesional demi kemajuan madrasah kedepannya, katanya.

“Menurutnya, Guru Madrasah sekarang dituntut untuk mengikuti perkembangan zaman sekarang terlebih pesatnya teknologi informasi dengan regulasi baru dan terkini. Oleh karena itu, Guru PAI harus mempunyai Skill dalam mengajar, ilmu pengetahuan diantaranya sering membaca dan menulis terlebih sekarang banyak peraturan dan regulasi baru, dan yang terakhir etika yang baik,” urainya.

Lebih lanjut Saefudin meminta, guru madrasah tanamkan jiwa dan tekadkan bahwa kita merupakan keluarga besar Kementerian Agama yang patuh dan tunduk kepada peraturan dan aturan yang ada di Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, untuk itu ikuti kegiatan ini dengan sebaiknya demi kemajuan madrasah kedepannya lebih baik lagi, tandasnya. Sementara sebagai narasumber yaitu Kepala Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, Kasi Pendidikan Madrasah dan pengawas. (sr/gt)