Madrasah Sebagai Pusat Pengembangan Bakat Minat

Banjarnegara – Untuk mewujudkan prestasi para siswa -siswi Madrasah, maka Madrasah mempunyai peran strategis dalam pengembangan bakat dan minat peserta didik terutama dalam bidang olahraga dan seni. Hal ini mendapat perhatian serius dari Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Banjarnegara yang baru saja menggelar kegiatan Kompetisi Futsal antar SD/MI di wilayah Kecamatan Rakit dan Bukateja.

Kegiatan diselenggarakan Sabtu dan Minggu tanggal 30-31 Maret 2019 di Indoor MTs.N 3 Banjarnegara dan dibuka oleh Kepala MTs. Negeri 3 Yatiman, kompetisi kali ini diikuti oleh 35 SD/MI yang tersebar di Kecamatan Rakit dan Bukateja.

Pada sambutan pembukaan  Yatiman menyampaikan, bahwa setidaknya 3 hal yang akan dicapai dari kompetisi ini,  pertama yaitu dalam rangka peningkatan dan pengembangan bakat dan minat peserta didik pada bidang olahraga, kedua akan menjadi forum silaturahmi antara sekolah dan madrasah, ketiga menjadi wahana untuk mensosialisasikan berbagai kegiatan madrasah kepada masyarakat. 

“Dengan demikian diharapkan kelembagaan madrasah di masyarakat akan semakin kokoh dan kuat. Disamping kompetisi futsal kegiatan ini juga diselingi berbagai informasi terkait dengan kegiatan Pendaftaran Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2019/2020, “ ucapnya.

Senada dengan Kepala Madrasah, Waka kesiswaan MTs. Negeri 3 Banjarnegara Miswanto berharap kegiatan Kompetisi Futsal ini bisa untuk media sosialisasi keberadaan madrasah kepada calon siswa baru.

Setelah di adakan pertandingan keluar juara pertama Tim Futsal dari MI NU 01 Situwangi kec.Rakit, juara kedua Tim Futsal SD Negeri 1 Karangnangka Kec. Bukateja, juara ketiga Tim Futsal SD Negeri 1 Rakit Kecamatan Rakit.

“Melihat animo peserta yang tinggi rencana kegiatan ini akan digelar setiap tahun.  Bagi yang juara mendapatkan piagam, piala tetap dan piala bergilir serta uang pembinaan,” pungkasnya. (Ytm/Nangim/rf)