MAN 2 Banjarnegara juara

Makin Berprestasi, MAN 2 Banjarnegara Raih Lima Medali Olimpiade OSBMPTN Session 2

Banjarnegara – MAN 2 Banjarnegara berhasil mengantarkan peserta didiknya meraih lima medali dalam Olimpiade Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (OSBMPTN) Session 2 yang digelar secara daring, Minggu (11/7). Kegiatan ini digelar oleh POSI (Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia) dan diikuti oleh 1436 orang peserta dari berbagai penjuru Indonesia.

Lima medali yang semunya adalah medali perunggu tersebut berasal dari dua bidang yaitu bidang Saintek (Sains dan Teknologi) atas nama Setyanes Desika Ning Saputri, Nur Fatimah, dan Kusdiana Salsabila. Satu bidang lainnya ialah bidang Soshum (Sosial dan Humaniora) atas nama Hardika Dwi Agustin dan Kayla Salsabila.

Ketika dihubungi via WhatsApp, Kepala Madrasah, Ridlo Pramono menyambut gembira kabar tersebut. Beliau mengucapkan selamat dan terima kasih atas perolehan medali ini. “Alhamdulillah, selamat dan sukses untuk peserta didik dan para guru pembimbingnya. Capaian prestasi dalam lomba ini menjadi bukti keberhasilan Bapak Ibu Guru dalam membimbing peserta didik,” jelasnya. Beliau juga berharap prestasi dalam kegiatan serupa dapat lebih banyak lagi ke depannya meskipun di tengah masa pandemic seperti sekarang ini.

Masa pandemi Covid-19 memang memunculkan banyak kegiatan lomba serupa yang digelar secara daring. Yulia Kurniawati salah satu guru pembimbing mata pelajaran fisika yang membimbing di bidang Saintek pada olimpiade tersebut menjelaskan perlombaan seperti ini sudah sering diikuti oleh peserta didik. “Alhamdulillah lumayan sering mengikuti kegiatan serupa, hanya saja di sini ada sedikit perbedaan. Biasanya fokus di mata pelajaran tertentu sekarang gabungan mata pelajaran fisika, kimia, biologi, bahasa Indonesia, dan matematika. Untuk persiapan sendiri tidak ada yang secara khusus karena kegiatan bimbingan kami laksanakan secara terus menerus dalam rangka persiapan KSN (Kompetisi Sains Nasional). Harapannya ke depan dapat lebih baik lagi dan mampu meraih emas,” ungkapnya.

Kayla Khairunnisa peserta dari bidang Soshum menyampaikan perasaan gembiranya memperoleh medali dalam olimpiade kali ini. “Alhamdulillah, saya bersyukur dapat medali ini. Soalnya cukup menantang dan bisa menjadi gambaran apa saja yang harus saya pelajari jika menghadapi SBMPTN nanti,” pungkasnya. (ta/ak/rf)