MAN 1 Brebes Lakukan SWAB Usai Uji Coba PTM Tahap 2

Brebes – Uji Coba PTM ( Pembelajaran Tatap Muka) di MAN 1 Brebes yang telah berlangsung dari tanggal 26 April s.d. 7 Mei 2021 berjalan dengan lancar. Dengan tetap menjaga ketat protokol kesehatan, sejumlah 73 siswa terbagi dalam  9 kelas  X dan XI  mampu mengikuti uji coba ini  dengan baik  dan menindaklanjuti arahan  Kepala Dinas Kesehatan provinsi Jawa Tengah, usai uji coba PTM semua sekolah yang mengadakan kegiatan ini wajib mengikuti  tes Swab termasu MAN 1 Brebes.

Bertempat di MAN 1 Brebes, tanggal 7 Mei 2021,  diambil secara sampling, 10 guru dan 15 siswa  yang pada saat uji coba PTM tahap 2 melakukan kontak langsung  dites  Swab.  Tujuan tes Swab ini untuk mengetahui kondisi terkini guru dan siswa usai uji coba PTM tahap kedua.

Jenis Swab yang dilakukan oleh tim dari Dinas Kesehatan kabupaten Brebes adalah Antigen. Kelebihan tes Swab Antigen adalah hasilnya dapat terdeteksi dalam waktu kurang dari 15 menit. “Hasil sampel tes Swab Antigen yang dilakukan terhadap 10 guru dan 15 siswa Alhamdulillah nonreaktif semua,” tutur Muhtar, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Brebes.

“Namun,  saran saya, semua warga MAN 1 Brebes untuk tetap mengedepankan protokol kesehatan karena tes Swab Antigen sifatnya bukan dilakukan sekali saja tetapi dilakukan jika seseorang telah melakukan kontak langsung dengan orang lain untuk memastikan seseorang itu aman ataukah terkonfirmasi,” lanjutnya.

Kepala MAN 1 Brebes, Ahmad Najid berharap, semoga  seluruh guru, karyawan dan siswa MAN 1 Brebes sehat, dan tidak ada yang terpapar Covid 19. Sehingga kedepan menjadi alasan yang kuat untuk kembali melaksanakan PTM yang sesungguhnya.(Aini Salsabila/Sua)