MAN 1 Brebes, Luluskan 348 siswa

Brebes – Sejak ditetapkannya status siaga Covid 19 tanggal 16 Maret 2020 oleh pemerintah RI maka segala bentuk aktivitas kegiatan masyarakat dianjurkan untuk di rumah (Work From Home) saja termasuk  kegiatan belajar di sekolah pun tetap berjalan di rumah  (Study From Home). Kebijakan belajar di rumah melalui surat edaran  Kementerian Agama RI bahwa untuk mencegah penyebaran pandemi  Covid 19, kegiatan belajar dilanjutkan di rumah dengan menggunakan daring yakni dengan menggunakan e-learning madrasah.

Seiring dengan perkembangan waktu, kegiatan KBM pun berkembang menjadi uji coba PTM pada sebagian sekolah meski PJJ tetap diadakan . Sementara itu, pada saat yang bersamaan, pemerintah RI pun resmi menetapkan seluruh Ujian Nasional tahun 2020 ditiadakan untuk semua tingkat pendidikan sebagai bentuk kebijakan social distancing (pembatasan sosial) untuk memotong mata rantai penyebaran virus corona SARS 2 atau corona COVID-19 dan sejak tahun 2020 UN ditiadakan.

“Meski  UN tahun 2021 kini ditiadakan namun tidak mempengaruhi kelulusan siswa, sebab  kriteria kelulusan ditentukan oleh masing-masing satuan pendidikan,” ujar Kepala Madrasah Aliyah Negeri 1 Brebes, Ahmad Najid.

“Kami  tetap mengadakan UMBK melalui daring di rumah masing-masing dengan jumlah  peserta sebanyak 348  siswa pada tanggal 22 Maret s.d. 1 April lalu,” lanjutnya.

Ada 6 Kriteria kelulusan siswa-siswi kelas XII MAN 1 Brebes yakni  ditentukan oleh keikutsertaan siswa dalam mengikuti kegiatan pendidikan selama 6 semester, memiliki nilai rata-rata rapor di atas 74, mengikuti serangkaian ujian praktek serta UMBK, Prosentase kehadiran minimal 75 persen, memiliki perilaku yang baik dan tidak pernah terlibat  dalam tindakan pidana maupun asusila.

Berdasarkan kriteria tersebut, pada tanggal 30 April 2021, melalui keputusan bersama dalam sidang kelulusan peserta didik kelas 12 antara Kepala MAN 1 Brebes bersama seluruh dewan guru, memutuskan bahwa sebanyak 348  siswa-siswi  kelas XII yang terdiri atas 120 siswa IPA, 121 siswa  IPS dan 57 siswa Agama, dinyatakan lulus.

“Pengumuman kelulusan kami lakukan melalui link yang kami kirim ke whatsaapp  guru wali kelas masing-masing, sabtu, 3 Mei 2021 pada pukul 19.00 WIB usai sholat Taraweh dan dapat dibuka langsung oleh siswa pada hari yang sama,” ungkap Eko Pudjianto, Waka Kurikulum MAN 1 Brebes.(Aini Salsabila/Sua)