MAN 1 Grobogan Bertekad Sukseskan Pelaksanaan UNBK

Grobogan – Ujian nasional merupakan salah satu bentuk dari kegiatan evaluasi pendidikan yang berupa evaluasi hasil belajar siswa selama menempuh pembelajaran disekolah. Pengukuran dan penilaian pencapaian standar kompetensi pada mata pelajaran tertentu secara nasional diterapkan oleh pemerintah. Ujian nasional juga dijadikan sebagai alat evaluasi pendidikan untuk pemetaan masalah mutu pendidikan dalam rangka menyusun kebijakan pendidikan nasional secara global.

Sama seperti hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), pelaksanaan hari ketiga UNBK di MAN 1 Grobogan juga berlangsung lancar, tertib dan tanpa kendala apapun. Pada hari ketiga pelaksanaan ini, Rabu (11/04) Kepala Kemenag Kab. Grobogan, Hambali didampingi Kepala MAN 1 Grobogan melakukan monitoring pelaksanaan UNBK MAN 1 Grobogan Yulaikhah.

Dalam keterangannya kepala MAN 1 Grobogan, Yulaikhah menjelaskan hingga hari ketiga pelaksanaan UNBK, yang diikuti 398 siswa-siswi MAN 1 Purwodadi berlangsung dengan lancar dan tertib.

“Bersyukur semua peserta ujian tidak ada yang terlambat, hadir semua, tertib dan mengikuti semua aturan pelaksanaan UNBK dengan baik. Dan kita berharap kelancaran ini pun bisa berlanjut hingga hari terakhir pelaksanaan UNBK,” ungkap Yulaikhah.

Sama seperti sekolah menengah lainnya, pelaksanaan UNBK ini akan berlangsung selama empat hari kedepan, dengan mengujikan empat bidang studi, diantaranya Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan Mata pelajaran pilihan sesuai jurusan. Untuk di MAN 1 Grobogan, pelaksanaan UNBK dibagi menjadi 3 sesi dengan dua ruang ujian dan 80 PC komputer. Selama pelaksanaan ujian akan dibantu oleh dua proktor serta dua teknisi.

“Kepada anak-anak, harus jaga diri baik-baik dan jangan lupa berdoa, agar dimudahkan dalam pelaksanaan UNBK ini. Dan saya berharap semoga pelaksanaan UNBK dapat berjalan dengan lancar dan semua siswa nantinya dapat meraih hasil yang maksimal dan bisa melanjutkan ke jenjang berikutnya serta berhasil masuk dan lolos di perguruan tinggi pilihan dan yang menjadi favorit,” harapnya.

Dalam monitoringnya tersebut, Kepala Kemenag Grobogan Hambali juga berpesan kepada semua panitia penyelenggara UNBK di MAN 1, agar dapat melaksanakan UNBK ini sesuai aturan dan jangan sampai melenceng, baik secara administrasi dan non administrasi.

 “Saya juga berharap semua peserta fokus laksanakan UNBK hingga akhir, tetap belajar dan berdoa, agar pelaksanaan UNBK ini berjalan dengan lancar. Dan kepada pihak sekolah agar tetap menyediakan sesuatu yang bersifat emergency untuk antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” pinta Hambali.

Hambali berharap para siswa dapat terus fokus dan memanfaatkan waktu yang untuk lebih giat belajar, istirahat lebih banyak, jaga kesehatan dan jauhi pergaulan yang tidak baik agar tidak menimbulkan hal-hal yang diinginkan selama pelaksanaan UNBK ini. (bd/gt)