MAN 1 Magelang Gelar Local Word Competition (LWC) 2017

Magelang – MAN 1 Magelang bekerja sama dengan ETA-AMINEF menggelar kegiatan Local Words Competition (LWC) 2017, di Ruang Laboratorium Bahasa 3 MAN 1 Magelang, Kamis  (23/02).

LWC merupakan kesempatan bagi para siswa MAN 1 Magelang untuk menampilkan kemampuan berbicara dalam Bahasa Inggris serta menampilkan performance bakat atau talenta yang dimilikinya.

MAN 1 Magelang, sebagai madrasah berbasis pesantren mendapatkan apresiasi dari pemerintah Amerika Serikat karena setiap petugas dari ETA (English Teacher Association) yang dikirim selalu memberikan kesan yang positif. Hal ini juga yang mendorong mengapa pemerintah Amerika Serikat masih mengirim ETA ke madrasah sampai saat ini.

Sebanyak 30 peserta mengikuti kegiatan  tersebut. Dengan mengusung tema “Cicak On The Wall”, para peserta mengungkapkan imajinasinya dalam Bahasa Inggris jika mereka menjadi cicak di dinding.  Dari 30 peserta, hanya 12 peserta saja yang lolos untuk mengikuti final LWC.

Final LWC dilaksanakan pada Sabtu, (25/02), dihadiri oleh para guru dan Komite Madrasah. Sebagai juri (judges) adalah Miss Kayla Stewart dan Mr. Edmund Pacleb (ETA yang bertugas di Semarang), Mr. Jukie Tsai (ETA yang bertugas di SMKN 1 Magelang), dan Miss Siham Ahmed Abdi  (ETA yang bertugas di MAN 1 Magelang). Aspek yang dinilai dari LWC ini adalah kelancaran dalam berbicara Bahasa Inggris,  grammer, hafalan, dan talenta yang ditampilkan.

Miss Kayla Stewart berharap melalui Local Word Competition dapat menjadi motivasi dalam mempelajari dan meningkatkan skill dalam berbicara Bahasa Inggris.         

“Kami berharap dengan diadakannya Local Words Competition ini bisa menjadikan motivasi semangat para siswa untuk mempelajari lebih dalam tentang Ilmu Bahasa Inggris dan meningkatkan skill mereka dalam berbicara Bahasa Inggris.” ujarnya.

Meskipun sudah mempersiapkan semaksimal mungkin, banyak peserta yang merasa takut, nervous, dan cemas. Sebagaimana disampaikan Siti Nur Hidayati dan Rikza Zain.

“Saya takut kalau di depan nanti akan lupa teks atau salah bicara. Karena ini adalah kali pertama saya mengikuti Local Words Competition,” ujar Siti sebelum memasuki area perlombaan.

“Saya tadi lupa naskah, soalnya grogi waktu dilihat sama Miss Kayla.” keluh Rikza Zain

Tiga peserta kontestan terbaik LWC 2017 adalah Sutriyaningsih, siswa kelas X MIA1 dengan perfomance Jurus Tunggal Pencak Silat.,  Ahmad Rikza Zain, siswa kelas XI IAG dengan perfomance Tarian Adat Jawa, dan Siti Nur Hidayati dari kelas X MIA 1 dengan perfomance Menyanyi Lagu Padang Bulan versi Inggris-Indonesia.

Juara pertama LWC 2017 akan mengikuti National Words Competition di Jakarta bersama pendampingnya, Miss Siham Ahmed Abdi pada bulan April 2017 mendatang. (novi/m45k/Af)