MAN 1 Pati Adakan Ziarah dan Study Tour Ke Bali

Pati – Study tour merupakan salah satu proses pembelajaran bagi siswa dengan mengamati objeknya langsung. Dalam kurikulum sekarang study tour adalah satu metode belajar di luar kelas yang saat ini dianjurkan untuk menambah wawasan para siswa sekolah, khususnya siswa SMK dan siswa SMA/MA pada umumnya.

Hal ini menjadi alasan diadakan Ziarah dan Study tour yang merupakan kegiatan rutin tahunan oleh sekolah kami. Demikian disampaikan Kepala MAN 1 Pati Moh. Kodri saat memberi pengarahan pada upacara Pelepasan/Pemberangkatan Ziarah dan Study Tour MAN 1 Pati di halaman MAN 1 Pati (23/3)

Kodri (begitu panggilan akrab Kepala MAN 1 Pati) menginformasikan, Pada tanggal 23-28 Maret mendatang, Sebanyak 150 siswa kelas XI dan 14 Guru Pendamping MAN 1 Pati mengikuti kegiatan Ziarah & study tour ke Bali,”jelasnya.

Kodri menambahkan, keberangkatan ini bukanlah sekedar untuk hura hura, tapi sebagai upaya pembelajaran berbasic spiritual, ilmiah dan berwawasan lingkungan sekaligus sebagai bentuk tadabur alam. Kegiatan ini sifatnya tidak wajib, sementara 54 anak yg tidak ikut kegiatan ini, selama seminggu mengadakan kunjungan sekaligus penelitian bidang industri rumah di Gembong Pati,”ujarnya.

Lebih lanjut Kodri mewanti wanti peserta didiknya utk selalu berdzikir dalam perjalanan, tidak meninggalkan shalat 5 (lima) waktu, Bahkan Kodri telah menugaskan guru pembimbing untuk tetap melaksanakan, dan memimpin shalat jumat yg direncanakan diselenggarakan di istana kepresidenan tampaksiring,”tandasnya.

Rencananya, Tujuan pertama ke arah pantai utara yakni ziarah di makam Maulana Ibrahim Asmoro Qondi, Makam ayah Sunan Ampel ini terletak di daerah Gesikharjo Kecamatan Palang Kabupaten Tuban. Begitu mendekati lokasi, hamparan pemandangan Laut Jawa akan terlihat di sepanjang jalan, Dia meminta siswa/siswi MAN 1 Pati hikmad memanjatkan doa disana,”Pinta Kodri.

Ditambahkan Kodri, setelah berziarah rombongan akan melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Ketapang Banyuwangi untuk menuju obyek wisata di Bali,”jelasnya.

Adapun rencana obyek study tour yang dikunjungi meliputi obyek wisata Tanah Lot, Bedugul, Pantai Kuta, Joger Bali, Istana Kepresidenan Tampak Siring, Desa Adat Panglipuran, Body Repair, Tari Barong, Tanjung Benoa, Puja Mandala, Pantai Pandawa, dan sebelum kembali ke hotel untuk melanjutkan perjalanan pulang rencana mampir dulu ke pusat oleh-oleh Krisna yang merupakan obyek kunjungan terakhir,”papar Kodri mengakhiri informasinya. (Athi’/bd)