MAN 1 Pati Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H

MAN 1 Pati Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H

Pati – Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H di MAN 1 Pati berjalan dengan semarak. Meskipun pandemi Covid-19 belum berakhir, pihak madrasah tetap menggelar acara peringatan maulid nabi secara tatap muka dan juga virtual pada Selasa (19/10). Peringatan maulid nabi secara tatap muka dilaksanakan di Masjid Ulul Albab MAN 1 Pati dengan menerapkan protokol kesehatan. Acara tersebut diikuti oleh Bapak Ibu guru, karyawan, PPL STAIP anggota OSIM, serta santri kelas X yang sudah kembali bermukim di Boarding School. Selebihnya mengikuti acara secara virtual melalui zoom dan streaming di YouTube madrasah. 

Rangkaian acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di MAN 1 Pati berjalan dengan tertib dan lancar. Rangkaian acara diawali dengan pembukaan dan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Ananda Layyinatul Faizah, qori’ MTQ MAN 1 Pati. Kemudian dilanjutkan dengan tahlil yang dipimpin oleh Bapak Agus Rofiq. serta sambutan kepala madrasah yang diwakili oleh Bapak Akhmad Lutfin Niam. Dalam sambutannya Akhmad Lutfin Niam mengucapkan terimakasih kepada panitia karena tetap semangat mengadakan peringatan maulid nabi meski masih dalam kondisi pandemi. Dia juga memberikan sedikit pesan bagi jama’ah.  

“Mari niatkan kegiatan ini sebagai wujud kecintaan kita kepada Rasulullah Muhammad SAW. Selain itu, kita juga harus senantiasa meneladani akhlak Rasulullah serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Akhmad.

Acara ini dilanjutkan dengan mau’idloh hasanah yang disampaikan oleh KH. M. Syarofuddin Ismail dari Rembang. Dalam tausiyahnya beliau menceritakan akhlak mulia dari Nabi Muhammad SAW. Beliau juga menghubungkan sistem pendidikan dengan realitas akhlak generasi muda saat ini. Contoh yang diberikan sangat nyata dan dekat dengan kehidupan sehari-hari, sehingga jama’ah menjadi sangat antusias.

“Nabi Muhammad adalah suri tauladan terbaik bagi umat manusia. Bagi orang yang tidak meyakini hari kiamat dan juga meninggalkan sholat, maka ia tidak akan bisa mencontoh akhlak Nabi Muhammad. Oleh karena itu, jangan sekali-kali meninggalkan sholat. Semoga kita semua dapat meneladani akhlak Rosululloah dan kelak mendapatkan syafa’atnya di yaumil kiyamah, amin.” Pesannya sebelum mengakhiri tausiyahnya.

Kegiatan ini ditutup dengan do’a dan bacaan maulid nabi oleh tim rebana Ulul Albab MAN 1 Pati. (ar/at)