MAN 1 Rembang Manfaatkan Aplikasi Google Form

Rembang — Pemanfaatan multimedia sebagai alat evaluasi pendidikan sangat diperlukan sebagai bentuk inovasi pembelajaran. Melalui multimedia seorang pendidik dimudahkan dalam berbagai hal antara lain penyampaian materi dan evaluasi. Aplikasi Google Form merupakan salah satu multimedia dari google menarik perhatian Miftakhul Huda untuk dikembangkan menjadi media evaluasi saat Lomba Scouting (LCC) dalam rangka HUT MAN 1 Rembang ke-27 Tahun 2018. “Selama ini google telah menyediakan aplikasi google form hanya saja sedikit dari para pendidik memanfaatkan serta mengembangkan fungsi aplikasi ini”, tandas Huda.
Muhammad Raihan dari SMP 1 Rembang mengatakan, baru pertama kali ini ia mengikuti lomba yang memanfaatkan aplikasi google form. “Biasanya lomba LCC yang digelar oleh beberapa sekolah masih menggunakan paper. Aplikasi ini menambah pengalaman saya tentang pemanfaatan multimedia sebagai alat evaluasi,” kataRaihan. 
Sementara pada Hari Ulang Tahun MAN 1 Rembang ke-27 membuat civitas MAN 1 Rembang merasa pontang-panting menyiapkan segala kebutuhan sarana dan prasarana. Hal ini disebabkan karena jumlah peserta dari SMP/MTs lomba yang diundang melebihi target.

Abu Masaid selaku ketua HUT MAN 1 Rembang mengatakan bahwa target jumlah SMP/MTs yang diharapkan ikut menyemarakkan lomba hanya 16 sekolah tetapi pada kenyataannya sebanyak lebih dari 20 SMP/MTs yang mendaftar.
Sebanyak 5 cabang lomba yang digelar dalam rangka HUT MAN 1 Rembang ternyata mendapatkan respon yang positif dari berbagai SMP/MTs yang diundang. Hal itu terbukti dengan banyaknya SMP/MTs yang mendaftar sebagai peserta lomba.

Heru Kiswanto yang merupakan pendamping peserta dari MTs Miftakhul Falah mengatakan bahwa MTs Miftakhul Falah mendaftarkan peserta didiknya untuk mengikuti 5 cabang lomba. 

Di luar ekspektasi

Taufik selaku kepala MAN 1 Rembang mengatakan, perlombaan yang digelar dalam rangka HUT MAN 1 Rembang ada 5 cabang. Lima cabang lomba yang diadakan yaitu Lomba Volly Putra, Lomba Volly Putri, Lomba Futsal, Lomba Scouting, dan Lomba Hadroh.

Para peserta lomba harus mengikuti seluruh rangkaian aturan yang ada mulai dari penyisihan sampai babak final. “Sungguh diluar ekspektasi saya ketika melihat jumlah pendaftar sekaligus hasil kerja panitia dalam persiapan, kekompakan serta kebersamaan”, tandas Taufik. (Sutejo/iq/bd)