MAN 1 Sragen Dominasi Lomba KSM Tingkat MA Tingkat Kabupaten

Sragen-Kompetisi Sains Madrasah (KSM) adalah sebuah ajang berkompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama. Kompetisi Sains Madrasah (KSM) diharapkan mampu memupuk motivasi siswa untuk terus mencintai dan bergairah mempelajari bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

KSM 2017 tingkat nasional bertemakan “sehat, unggul, dan berdaya saing global”. Untuk menyiapkan peserta yang akan dikirim untuk tingkat provinsi, Kelompok Kerja Madrasah Aliyah mengadakan seleksi KSM tingkat kabupaten. Seleksi diadakan pada Selasa (25/04) di MAN 1 Sragen dan diikuti utusan Madrasah Aliyah Se Kabupaten Sragen.

Menurut ketua panitia KSM tingkat MA Kabupaten Sragen Sumiran, KSM tahun ini lebih obyektif dalam penilaiannya karena bekerjasama dengan pihak eksternal (GO).

“Tahun ini panitia bekerjasama dengan pihak luar untuk pengadaan soal maupun koreksinya, sehingga saya jamin lebih obyektif” ujarnya.

Dengan pengadaan maupun koreksi dari pihak luar diharapkan bahwa yang terpilih menjadi juara nanti benar benar yang terbaik, karena tidak ada rasa ewuh pekewuh.

Sementara itu dalam sambutannya, Pengawas Madrasah Hj. Amin Sarwati mewakili Kepala Kankemenag Sragen menyatakan bahwa KSM merupakan ajang bergengsi untuk mengukur kualitas peserta didik dalam bidang sains.

“Ajang KSM merupakan ajang bergengsi bagi madrasah yang harus diikuti oleh siswa berprestasi, di ajang ini nanti bisa kita jaring saintis yang agamis untuk pengembangan bakat siswa/siswi madrasah”, terang Amin.

“Selain itu dengan KSM bisa diukur kualitas peserta didik maupun keberhasilan metode pendidikan dalam sains”, tambahnya.

Setelah terlaksana sekitar 2 jam akhirnya pada jam 13.00 WIB panitia mengumumkan pemenang sebagai berikut :

  1. Siwi Nurrohmah dari MAN 1 Sragen juara 1 Mapel Ekonomi
  2. Allaila Lathifa Madjid dari MAN 1 Sragen juara 1 Mapel Geografi
  3. Mohammad Yusuf Abdillah dari MA Ibnu Abbas Masaran juara 1 Mapel Matematika
  4. Fitri Yatun Ni’mah dari MA An Naim Ajisoko Sukodono juara 1 Mapel Kimia
  5. Nur Fauzizah Tsalatsati dari MAN 2 Sragen juara 1 Mapel Fisika
  6. Umul Suciyati dari MAN 3 Sragen juara 1 Mapel Biologi

Dalam pengumumannya ketua panitia Sumiran yang juga kepala MAN 1 Sragen menyampaikan agar para peserta tidak puas hanya sampai di tingkat kabupaten saja, karena selanjutnya pada 23 – 24 Mei tantangan berikutnya sudah menunggu untuk lomba KSM tingkat provinsi di Magelang.(mir/ira1/wul).