MAN 1 Surakarta, Sekolahnya Para Juara

Surakarta – Momen apel pagi, Senin (14/1/) di halaman MAN (Madrasah Aliyah Negeri) 1 Surakarta terasa berbeda. Apel yang dipimpin Slamet Budiyono selaku Kepala Madrasah dan diikuti oleh seluruh civitas akademika MAN 1 Surakarta itu diselingi dengan penyerahan piala berbagai lomba yang diikuti oleh guru dan siswa.

Slamet Budiyono  dalam sambutannya menyatakan madrasah tidak bisa lagi dianggap remeh dan bisa disejajarkan dengan sekolah negeri.

“Karena itu saya sampaikan bahwa tagline kita adalah ” MAN 1 Surakarta, sekolahnya para juara”, sebagai pernyataan bahwa madrasah bisa disejajarkan dengan sekolah negeri, baik dari segi prestasi akademik maupun non akademik,” tegas Slamet Budiyono. Karenanya, lanjut Budiyono, seluruh civitas akademika MAN 1 Surakarta harus bangga sebagai warga madrasah. Bisa berjalan tegak tanpa merasa kecil di hadapan sekolah negeri.

Dalam apel pagi itu, turut diserahkan berbagai tropi yang telah diraih baik oleh guru maupun siswa dari berbagai perlombaan. Menurut wakil kepala bidang humas, Suharno, seharusnya piala diserahkan pada minggu lalu namun berhubung masih berlangsung ujian praktik kelas 12, maka baru bisa diserahkan saat apel pagi itu.

“Ada beberapa piala yang diraih oleh guru dan siswa, yaitu dari lomba dalam rangka Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama ke 73, lomba laga wirata palang merah remaja, lomba semaphore dance, dan lomba menulis puisi,” urai Suharno.

Untuk lomba dalam rangka HAB Kemenag, lanjut Suharno, berhasil meraih juara pertama untuk lomba kebersihan, juara kedua pengirim berita terbanyak di website kemenag, dan lomba vlog guru.

“Untuk lomba laga wirata yang diikuti tim PMR MAN 1 Surakarta, berhasil meraih juara pertama lomba co card, juara pertama the best supporter, dan juara pertama lomba maskot. Laga wirata ini diselenggarakan oleh PMR SMA Negeri 1 Surakarta,” urai Suharno.

Selain itu juga meraih juara pertama dalam ajang lomba “Semaphore Dance” yang diraih oleh Dewan Ambalan Cakra Yudha di Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Surakarta. Perolehan kejuaraan lainnya juga┬ámeraih juara pertama tingkat nasional penulisan puisi. (rusdi_rma/wul)