MAN 1 Tegal Gelar Praktik Qurban

Tegal (Slawi) – Idul Adha merupakan hari raya yang diperingati oleh seluruh umat Islam diberbagai belahan dunia, dalam rangka mengenang pengorbanan keluarga Nabi Ibrahim AS yang berhasil memegang teguh keimanannya kepada Allah SWT. Peristiwa Nabi Ibrahim AS beserta Nabi Ismail AS, menjadikan pelaksanaan qurban ini sebagai bagian permanen dalam hidup umat muslim.

Dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha Tahun 1439H, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Tegal melaksanakan kegiatan Pengembangan Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Pemantapan Materi dan Pelatihan Praktik Qurban Siswa MAN 1 Tegal Tahun Pelajaran 2018/2019 yang dilaksanakan Kamis s.d. Sabtu, 23 s.d. 25 Agustus 2018, Sebelum pelaksanaan pelatihan praktik qurban, terlebih dahulu diadakan kegiatan pemantapan materi praktik qurban yang dilaksanakan Kamis s.d. Jum’at (23-24/8) bertempat di Aula An-Nur MAN 1 Tegal. Yang menjadi narasumber adalah guru-guru MAN 1 Tegal. MAN 1 Tegal melaksanakan pelatihan praktik qurban dengan memotong satu ekor sapi dan tiga ekor kambing, Sabtu (25/8) yang bertempat di halaman workshop MAN 1 Tegal.

Dalam kegiatan pemantapan materi narasumber menjelaskan tentang sejarah qurban, ketentuan-ketentuan qurban dan pendistribusian daging hewan qurban.

Plt. MAN 1 Tegal, Amari, dalam sambutannya (25/8), mengatakan, “Implementasi korban dalam kehidupan seharai-hari yaitu cobalah kita mulai detik ini itu adalah korban egois, korban kemaksiatan, korban nafsu, korban yang tidak bagus tapi bagaimana kita mengorbankan diri untuk jihad fi sabilillah, berjuang membela agama Allah yaitu anda harus menjadi siswa yang bener”.

“Pelatihan praktik qurban ini sebagai sarana pembelajaran kepada peserta didik agar mengerti bagaimana tata cara penyembelihan hewan qurban sesuai sar’i dan melatih peserta didik memiliki kesadaran untuk berbagi”, tambahnya.

Daging dari pelatihan praktik qurban ini semuanya dibagikan kepada masyarakat di lingkungan MAN 1 Tegal. (sochud)